Imigrasi Palu Masih Kekurangan Tenaga Pengawasan

id imigrasi, orang, asing

Imigrasi Palu Masih Kekurangan Tenaga Pengawasan

Palu, (Antarasulteng.com - Kantor Imigrasi Palu di Sulawesi Tengah hingga kini masih sangat kekurangan tenaga di bagian pengawasan karena jumlah yang ada hanya empat orang.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Orang Asing Kantor Imigrasi Palu, Amar B di Palu, Jumat mengatakan dengan jumlah itu, sangat mustahil dapat mengawasi masuk-keluar orang asing di Sulteng.

Luas wilayah dan kondisi geografis yang cukup luas dan berat, katanya, menjadi kendala utama yang dihadapi petugas imigrasi dalam mengawasi orang asing.

"Ya kami akui selama ini pengawasan orang asing yang dilakukan imigrasi masih kurang," katanya.

Namun dengan keterbatasan personil, imigrasi tetap sewaktu-waktu turun lapangan ke daerah-daerah yang selama ini dinilai rawan dan banyak orang asing.

Seperti di Kabupaten Tojo Una-Una karena disana ada obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Selain itu, Poso, Banggai Kepulauan, Banggai dan Morowali juga banyak orang asing.

Jumlah orang asing yang ada di wilayah Sulteng saat ini diperkirakan 500-600 orang.

Mereka ada yang berkerja di berbagai perusahaan tambang, ada yang datang sebagai turis, peneliti, kunjungan bisnis, sosial budaya.

"Jumlah itu yang terpantau. Kemungkinan besar masih banyak orang asing yang ada di Sulteng, tetapi tidak terdeteksi pihak imigrasi," katanya.

Amar menegaskan, semua orang asing yang melanggar keimigrasian selama ini diproses sesuai hukum yang berlaku di negara ini.

"Kami tidak segan-segan mengusir orang asing bermasalah," ujarnya.(BK03)