Rabu, 20 September 2017

Satpol PP Palu Akan Razia Ternak Liar

id ternak, hari nusantara, kota palu
Satpol PP Palu Akan Razia Ternak Liar
Ternak warga masih kerap berkeliaran di dalam kota Palu. Tampak beberapa ekor ternak melintas di depan Kantor DPD Partai Demokrat Agustus 2013. (adha nadjemuddin)
"Saya minta seluruh camat dan lurah untuk memperhatikan ini agar tidak ada lagi sapi atau kambing berkeliaran di jalan,"
Palu (antarasulteng.com) - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu akan melakukan razia ternak liar di jalanan untuk menciptakan kebersihan dan ketertiban jelang Hari Nusantara 2013.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu Dahyar Muhammad di Palu, Selasa, mengaku pihaknya akan bertindak tegas dengan menangkap ternak yang melintas di jalanan daerah ini.

"Kami sudah peringatkan berulang kali. Kalau kedapatan akan kami tangkap ternak itu," katanya.

Pemerintah Kota Palu sendiri telah bekerja sama dengan para lurah dan camat untuk turut membersihkan ternak yang berkeliaran di jalan-jalan utama.

Beberapa waktu lalu Satuan Polisi Pamong Praja telah menangkap belasan kambing.

Ternak tersebut dikandangkan di dekat rumah tempat pemotongan hewan.

Ternak yang tidak diambil pemiliknya itu akan dilelang karena tidak ada warga yang mengaku sebagai pemiliknya.

Di jalanan utama Kota Palu berulang kali ternak berupa sapi dan kambing lalu-lalang sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Sebelumnya Wali Kota Palu Rusdy Mastura berharap wilayahnya bebas dari ternak yang berkeliaran saat Hari Nusantara pada pertengahan Desember 2013 yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya minta seluruh camat dan lurah untuk memperhatikan ini agar tidak ada lagi sapi atau kambing berkeliaran di jalan," katanya.

Dia meminta para lurah dan camat di wilayahnya itu untuk lebih tegas dalam menegakkan aturan agar tidak ada lagi ternak berkeliaran bebas di jalan-jalan protokol di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Selain itu, dia juga meminta kepada kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di wilayahnya untuk bekerja sesuai tugas masing-masing demi kesuksesan Hari Nusantara 2013.

Hari Nusantara 2013 akan dimeriahkan dengan kegiatan seni, budaya, dan olahraga. Salah satu kegiatan olahraga adalah lomba renang melintasi Teluk Palu.

Penunjukan Kota Palu sebagai pusat pelaksanaan Hari Nusantara 2013 karena memiliki tiga kriteria utama yang terpenuhi yakni terletak di bibir pantai, merupakan pusat kegiatan masyarakat, dan penataannya tidak mulai dari awal lagi. ***

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga