Bayi Ketemu Setelah 30 Tahun Hilang

id bayi, hilang

Bayi Ketemu Setelah 30 Tahun Hilang

(FOTO ANTARA/Agus Bebeng)

San Diego (antarasulteng.com) - Seorang bayi kelahiran Chicago yang  30 tahun lalu hilang, kini bertemu kembali dengan ibunya di California.

David Amaya Barrick, sekarang berumur 37 tahun, sempat ditangkap oleh petugas patroli perbatasan AS bulan lalu tetapi dibebaskan kembali setelah bisa membuktikan kewarganegaraannya sebagai orang Amerika.

Dia menggelandang selama beberapa hari hingga berhenti di gereja San Diego.

Barrick dan sang ibu akhirnya bertemu kembali pada akhir pekan ini setelah terpisah sejak 1979.

"Kami mempunyai banyak hal yang harus dilakukan," kata Kathy Amaya (60) kepada Reuters, Minggu, setelah hujan air mata sehari sebelumnya ketika mereka berhasil berkumpul kembali, berhadapan muka di bandara internasional San Diego.

Kathy Amaya terbang dari Wisconsin untuk menemui putranya yang hilang.

Petugas patroli perbatasan mengatakan Barrick dilarikan dari Chicago oleh ayah kandungnya pada tahun 1979, dibawa ke Meksiko dan tinggal bersama kakek dan neneknya dari pihak ayah, dibesarkan dengan asuhan bahasa Spanyol saja.

Ia kemudian berlatih menjadi pemain perkusi dan pindah ke Monterrey serta meniti karir dengan bermain pada band Norteno, menikah dengan dua anak, meskipun pernikahannya kemudian bubar.

Awal bulan ini ia menyeberangi perbatasan California secara gelap, tanpa membawa surat perjalanan dari Meksiko hingga ditangkap oleh petugas patroli di wilayah sekitar 1,6 km dari pesisir Pasifik.

Mula-mula ia mengaku sebagai orang Meksiko, kemudian ingat bahwa kakeknya pernah mengatakan bahwa ia dilahirkan di rumah sakit Chicago.

Ia juga mengaku telah dipukuli dan dirampok uang, kartu identitas Meksiko dan telepon genggamnya ketika akan memasuki AS.