Toyota Segera Luncurkan Mobil MAsa Depan

id toyota, mobil

Toyota Segera Luncurkan Mobil MAsa Depan

(Istimewa)

Las Vegas (antarasulteng.com) - Toyota, Senin waktu AS, menyatakan berencana meluncurkan mobil sel bahan bakar di Amerika Serikat tahun depan.

Toyota menyebut mobil hidrogen dengan emisi nol ini sebagai "mobil masa depan."

Wakil Presiden Toyota Motor Sales Bob Carter mengatakan pasar perdananya adalah California. 

Toyota juga akan membangun stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di sejumlah negara bagian utama di AS.

"Pada 2015, kami akan membawa mobil ini ke pasar," kata Carter pada pameran elektronik di Las Vegas seperti dikutip AFP.

Kendaraan yang belum dinamai ini akan merupakan sedan empat pintu ukuran sedang berkemudi elektrik dan beremisi nol. "Fungsionalnya mobil ini adalah kendaraan reguler," tambah dia.

Rancangan efisiennya ditujukan untuk memaksimalisasi asupan oksigen untuk proses sel bahan bakar. 

Kendaraan ini bisa dipacu sampai sejauh 480 kilometer dengan hanya sekali pengisian bahan bakar dengan membutuhkan waktu pengisian bahan bakar tiga sampai lima menit.

Masalahnya, ongkos produksi yang tinggi dan keberadaan stasiun pengisian bahan bakar menjadi kendala teknologi otomotif ini.

Toyota sendiri berinvestasi besar di teknologi ini, namun Carter menegaskan "kami yakin kami bisa menawarkan kendaraan ini pada harga yang sangat masuk akal untuk kebanyakan orang."

Inisiatif pemerintah di California telah mencapai kemajuan dalam penyediaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di area-area diperlukan, tambah dia.

"Masalah infrastruktur bukan mengenai berapa banyak, tapi lebih pada lokasi, lokasi, lokasi," kata dia.

"Sel bahan bakar akan menjadi masa depan kita lebih cepat dibandingkan diyakini kebanyakan orang...dan jauh lebih besar dibandingan dengan perkiraan orang."