Howard Webb Jadi Wasit Piala Dunia

id piala, dunia, sepakbola, brazil

Howard Webb Jadi Wasit Piala Dunia

Ilustrasi (reuters/Sergio Moraes)

Berne (antarasulteng.com) - Wasit final Piala Dunia Howard Webb menjadi salah satu dari 25 nama yang ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi pengadil pada turnamen tahun ini di Brazil.

Daftar itu mencakup sembilan wasit dari Eropa, lima dari Amerika Selatan, empat dari Asia, tiga masing-masing dari Afrika dan CONCACAF, serta satu dari Oseania. Tiap wasit yang terpilih merupakan bagian dari tim yang termasuk dua hakim garis.

Felix Brych terpilih dari Jerman, Carlos Velasco dari Spanyol, dan Nicola Rizzoli dari Italia, sementara itu tidak ada satu pun wasit dari Prancis. Sandro Ricci ditunjuk sebagai wasit dari Brazil, dan Nestor Pitana dari Argentina.

Brych terlibat dalam insiden yang disebut "gol hantu" pada pertandingan Liga Jerman yang mempertemukan Bayer Leverkusen dan Hoffenheim pada Oktober.

Ia mengesahkan gol Stefan Kiessling untuk Leverkusen setelah ia tidak melihat bola masuk ke gawang melalui lubang pada bagian samping gawang.

Wasit Inggris Webb mengeluarkan 14 kartu kuning dan satu kartu merah pada final antara Spanyol melawan Belanda pada 2010, walau demikian ia mendapat banyak kritik karena tidak mengusir satu pun pemain Belanda pada babak pertama yang berlangsung sengit pada pertandingan yang dimenangi Spanyol dengan skor 1-0 melalui masa perpanjangan waktu itu.

"FIFA menerapkan program menyeluruh untuk memastikan bahwa para wasit untuk kompetisi unggulan ini berada dalam kondisi puncak," demikian pernyataan badan sepak bola dunia yang dilansir Reuters.

"Para wasit yang terpilih untuk Piala Dunia di Brazil dipilih khususnya berdasarkan kepribadian dan kualitas mereka dalam pemahaman sepak bola untuk mampu membaca permainan dan pendekatan taktik tim-tim pada tiap-tiap pertandingan."

Daftar wasit untuk Piala Dunia 2014:

Ravshan Irmatov (Uzbekistan), Yuichi Nishimura (Jepang), Nawaf Shukralla (Bahrain), Benjamin Williams (Australia), Noumandiez Doue (Pantai Gading), Bakary Papa Gassama (Gambia), Djamel Haimoudi (Aljazair), Joel Aguilar (El Salvador), Mark Geiger (AS), Marco Antonio Rodriguez (Meksiko), Enrique Osses (Chile), Nestor Pitana (Argentina), Sandro Ricci (Brazil), Wilmar Roldan (Kolombia), Carlos Vera (Ekuador), Peter OLeary (Selandia Baru), Felix Brych (Jerman), Cuneyt Cakir (Turki), Jonas Eriksson (Swedia), Bjorn Kuipers (Belanda), Milorad Mazic (Serbia), Pedro Proenca (Portugal), Nicola Rizzoli (Italia, Carlos Velasco (Spanyol), Howard Webb (Inggris) (skd)

Penerjemah : A.R.Adipati