SPBU di Kudus Kehabisan Stok

id spbu, kudus

SPBU di Kudus Kehabisan Stok

(ANTARA)

Kudus (antarasulteng.com) - Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai kehabisan stok bahan bakar minyak jenis premium, karena belum menerima pasokan akibat akses jalan menuju Kudus terendam banjir.

"Sejak dua hari terakhir, belum menerima pasokan BBM dari PT Pertamina karena faktor bencana banjir yang sedang melanda sejumlah daerah di Kudus dan sekitarnya," kata Pengelola SPBU di Jalan R Agil Kusumadya Kudus, Joko Santosa, di Kudus, Kamis.

Akibatnya, lanjut dia, stok premium saat ini tidak tersedia.

Sementara stok yang masih tersedia, kata dia, BBM jenis pertamax.

Pasokan premium yang sering diterima, kata dia, berkisar 32.000 liter dalam sehari, sedangkan untuk pasokan pertamax juga disesuaikan kebutuhan. 

Ia mengakui, sudah meminta tambahan stok BBM, namun hingga kini belum ada kiriman, karena kemungkinan terjebak banjir di sejumlah daerah sehingga armada truk tangki tidak bisa menuju Kudus. 

Sejumlah pemilik sepeda motor juga mulai kesulitan mendapatkan premium di penjual eceran yang biasanya tersedia.

"Saya sudah keliling ke sejumlah pedagang eceran, namun tidak tersedia," ujar seorang pengedara sepeda motor, Pujo Hastomo.

Kalaupun ada yang menjual, katanya, harganya sudah melambung hingga mencapai Rp9.000 per liter.

Sementara itu, Pengelola SPBU di Jalan Kudus-Pati, tepatnya di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo, Kudus, Lukman Hakim mengakui, stok premium maupun pertamax masih tersedia cukup.

Pasalnya, kata dia, tidak banyak truk yang melintas, karena banyak truk yang terjebak banjir.

"Mungkin truk yang dari arah Surabaya juga tidak berani melintas, karena jalur di Kudus tidak bisa dilalui akibat banjir," ujarnya. 

Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, Sofyan Dhuhri menambahkan, berdasarkan hasil laporan dari sejumlah SPBU di Kudus, sebagian ada yang kehabisan stok premium dan ada pula yang tidak bisa beroperasi karena banjir.

SPBU yang tidak bisa beroperasi karena banjir, yakni SPBU Nusantara di Jalan Agil Kusumadya, SPBU Tanjungkarang, SPBU Kalirejo dan SPBU Papringan.