Jumat, 22 September 2017

Wagub Sulteng Minta Pemkab Talangi Piutang Raskin

id pemprov, sulteng
Wagub Sulteng Minta Pemkab Talangi Piutang Raskin
Wagub Sulteng, Hi.Sudarto/foto antarasulteng
"""Morowali dan Kota Palu dapat laptop karena lunas pembayaran raskin 2013
Palu, (Antarasulteng) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H Sudarto meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk metalangi sementara piutang raskin di daerahnya agar tidak menghambat penyaluran beras bersubsidi itu pada tahap berikutnya.

"Saya harap daerah yang masih memiliki tunggakan raskin segera melunasinya dengan menalangi dahulu menggunakan anggaran yang ada pada kas daerah masing-masing," kata Damin Hartono, Kepala Perum Bulog Sulteng mengutip keterangan Wagub Sulteng H Sudarti pada rapat koordinasi dan sosialisasi raskin di Palu, Jumat.

Wagub menyampaikan imbauannya itu setelah mendapat informasi dari Bulog Sulteng bahwa masih ada daerah tingkat II di provinsi ini yang memiliki piutang raskin.

Menurut dia, piutang tersebut bisa menghambat penyaluran raskin kepada masyarakat miskin pada tahap-tahap selanjutnya.

"Tolong pemkab dan pemkot menanggulangi dulu piutang itu agar pendistribusian raskin bisa berjalan lancar," pintanya.

Damin Hartono mengatakan piutang raskin 2013 di provinsi ini masih berkisar Rp200 juta. Jika dibandingkan piutang raskin pada 2012, tunggakan pembayaran raskin 2013 ini terbilang rendah.

Namun demikian, katanya, hal ini akan menjadi cacatatan bagi Bulog Sulteng untuk lebih dimaksimalkan penagihan raskin.

Damin mengatakan ada dua daerah di Sulteng yakni Morowali dan Morowali Utara yang pembayaran raskin ditanggung pemerintah daerah itu.

"Pemkab dua kabupaten itu yang membayarkan langsung jatah raskin warga miskin," katanya.

Dia juga menambahkan dua daerah yaitu Kota Palu dan Kabupaten Morowali mendapat apresiasi karena lunas pembayaran raskin sebelum akhir tahun.

Sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah provinsi, kedua daerah itu mendapatkan masing-masing sebuah laptop dari Tim Koordinasi Raskin Provinsi Sulteng.

Bantuan laptop kepada Pemkab Morowali dan Pemkot Palu tersebut sudah diserahkan oleh Asistem II Setdaprov Sulteng Elim Somba beberapa waktu lalu. (BK03/)

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga