Pencarian Pesawat MH370 Lama

id pesawat MH370, malaysia

Pencarian Pesawat MH370 Lama

Warga berdoa agar terjadi keajaiban kepada penumpang Pesawat malaysia Airlines MH370. (reuters)

Jakarta (antarasulteng.com) - Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 adalah terlama dalam dunia penerbangan, tulis Bloomberg dalam lamannya sehari lalu.

Terlama sebelumnya adalah ketika Boeing 737-400 milik Adam Air hilang di lepas pantai Sulawesi Selatan setelah kehilangan kontak pada 1 Januari 2007 dan puing-puingnya baru ditemukan sepuluh hari kemudian.

Para penyelidik AS mengatakan lokasi terakhir transmisi ke satelit oleh MH370 adalah di atas Samudera Hindia pada zona sekitar 1.000 mil arah barat, Australia.  Ini adalah area laut paling dalam dan paling terlarang di dunia.

Teori paling mungkin mengenai nasib MH370 adalah sudah tergeletak di dasar samudera, kendati tidak ada bukti fisik untuk mendukung kesimpulan ini, kata Mike Rogers, Ketua Komisi Intelijen DPR AS, 16 Maret lalu.

Area itu adalah wilayah antar berantah, kata Rhys Arangio, pejabat Austral Fisheries Pty, perusahaan perikanan di Perth, yang dilibatkan dalam pencarian MH370.

Ping satelit terus memperlihatkan keberadaan MH370 selama hampir tujuh jam sebelum hilang kontak 8 Maret, kata Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Ini berarti MH370 telah menempuh jarak 3.000 mil dari tempat terakhirnya terlacak dan mungkin kehabisan bahan bakar jika selama waktu itu terus terbang.

Pencarian pun kini menghadapi kendala yang luar biasa sulit karena tiadanya bukti-bukti baru, momen waktu yang kian hilang, jauhnya jarak antar pangkalan udara dan laut, dan luasnya area pencarian, kata seorang pejabat intelijen AS yang berpengalaman dalam misi pencarian dan penyelamatan. 

Ada kemungkinan pesawat mendarat di  Kazakhstan, tapi para pejabat AS dan para pakar radar telah menepisnya karen tidak mungkin pesawat sebesar itu melintasi India dan China tanpa tak terdeteksi radar.

Angkatan Laut AS kemudian memindahkan pesawat mata-mata P-8A Poseidon ke Australia Barat ketika Australia memulai pencarian di bagian selatan Samudera Hindia atau sebelah barat negara benua ini.