Pencarian MH370 Dihentikan Sementara

id pesawat, malaysia

Pencarian MH370 Dihentikan Sementara

Warga berdoa agar terjadi keajaiban kepada penumpang Pesawat malaysia Airlines MH370. (reuters)

Perth (antarasulteng.com) - Pejabat Otorita Keselamatan Maritim Australia (AMSA) pada Selasa mengumumkan, cuaca buruk akibat terpaan badai Gillian dan gelombang besar di Samudera Hindia selatan membuat pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 dihentikan sementara.

AMSA dipercaya puluhan negara untuk memimpin pencarian MH370, yang dinyatakan Malaysia Airlines hilang sejak 8 Maret 2014, layaknya dikutip BBC News mengumumkan bahwa cuaca buruk membuat armada pesawat pencari tidak bisa terbang secara aman.

Dalam pernyataan persnya, AMSA juga mengumumkan bahwa telah dilakukan penilaian risiko "dan menetapkan bahwa kondisi cuaca saat ini akan membuat kegiatan pencarian udara dan laut berbahaya dan menimbulkan risiko bagi awak ".

Selain itu, "AMSA telah menghentikan semua kegiatan di kawasan laut dan operasi pencarian udara untuk hari ini karena kondisi cuaca tersebut."

Namun demikian, badan otoritas tersebut mengemukakan, operasi pencarian MH370 dilanjutkan pada Rabu, jika kondisi cuaca memungkinkan.


Sebelumnya, Pemerintah Tiongkok menuntut Pemerintah Malaysia untuk membagikan data satelit yang dimiliki dari sejumlah pihak, karena Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Tun Razak pada Senin (24/3) menyampaikan bahwa pesawat MH370 jatuh di Samudera Hindia selatan.

Sebanyak 227 dari 239 penumpang MH370 rute penerbangan Kuala Lumpur menuju Beijing itu adalah warga negara Tiongkok. Selain itu, ada tujuh warga negara Indonesia.