Pusat Ketupat di Banjarmasin

id ketupat, masakan

Pusat Ketupat di Banjarmasin

Ketupat (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Banjarmasin (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Sekatan, melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga berencana membenahi kawasan Desa Pekapuran menjadi pusat kuliner ketupat.

"Rencananya bangunan kumuh di bantaran Sungai Martapura di Pekapuran akan dibebaskan, karena di lokasi itu akan dijadikan kawasan pusat kuliner ketupat," kata Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Banjarmasim Subhan Yaumil di Banjarmasin, Selasa.

Bila bantaran sungai di kawasan tersebut sudah dibebaskan dari bangunan kumuh, akan segera dibangunkan menjadi kawasan wisata perairan seperti layaknya di Jalan Pire Tendean dan Jalan Sudirman.

Kawasan Pekapuran tersebut tak semata sebagai kawasan wisata sungai namun sekaligus sebagai sentra kuliner, khususnya ketupat mengingat di lokasi tersebut banyak sekali perajin makanan tersebut.

Untuk mempermudah wisatawan dan pengunjung mendatangi sentra perajin kuliner ketupat baik melalui sungai maupun melalui darat, karena akan dibangun dermaga untuk kapal-kapal kecil.

Pengraji ketupat setempat sulit di hitung jumlahnya. Semula mereka yang membuat ketupat hanyalah penduduk asli setempat, tetapi setelah melihat potensi ekonomi membuat ketupat menjanjikan banyak pendatang yang juga ikut-ikutan menjadi perajin ketupat.

Penduduk sekitar tidak hanya mengayam daun kelapa dan daun nifah menjadi kulit ketupat, tetapi tak sedikit yang menjadi pedagang grosir, pedagang eceran, sampai mereka yang bertindak sebagai pencari bahan baku daun kelapa dan daun nifah.

Kawasan tersebut ramai pengunjung apalagi jika menjelang idul Fitri dan Idul Adha.