Selasa, 23 Mei 2017

UII Yogyakarta Kembangkan Kajian ASEAN

id UII, yogyakarta, ASEAN
UII Yogyakarta Kembangkan Kajian ASEAN
UII Yogyakarta (ANTARA)
Yogyakarta - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan mengembangkan kurikulum program studi hubungan internasional yang mempunyai kekhususan pada kajian ASEAN.
         
"Pengembangan itu khususnya dalam bidang politik dan pemikiran Islam di negara-negara Asia Tenggara," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Islam Indonesia (UII) Nandang Sutrisno di Yogyakarta, Sabtu.
         
Ia mengatakan, UII sebagai salah satu universitas yang sedang menuju "World Class University" (universitas kelas dunia) menginisiasi berdirinya program studi hubungan internasional di lingkungan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) pada 2013.
         
"Untuk mewujudkan visi menjadi pusat kajian dan penelitian hubungan internasional pada lingkup ASEAN, UII juga menggiatkan rencana kerja sama dengan institusi luar negeri untuk memantapkan pendirian program studi hubungan internasional," katanya.
         
UII, menurut dia, telah berusaha menjalin kerja sama strategis dengan universitas luar negeri di kawasan Asia dan Australia melalui beberapa program.
         
"Beberapa program itu di antaranya pertukaran mahasiswa dan dosen, 'double degree program', 'fastrack program', kolaborasi penelitian, dan kegiatan internasional bersama," katanya.
         
Ia mengatakan, perkembangan era globalisasi telah menuntut suatu negara dan masyarakatnya tanggap terhadap isu-isu global dan persoalan di antara negara-negara di dunia.
         
"Berkaitan dengan hal itu, UII perlu mengakomodasi kebutuhan masyarakat di bidang akademis untuk menganalisis persoalan global dan merumuskan kebijakan luar negeri suatu negara," kata Nandang. (B015*H010)

Editor: Riski Maruto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Baca Juga