Koalisi Parpol Sulteng Optimistis Prabowo-Hatta Menangi Pilpres

id koalisi, parpol

Koalisi Parpol Sulteng Optimistis Prabowo-Hatta Menangi Pilpres

Ilustrasi (antaranews)

Yang kita harus lakukan sekarang adalah bersama-sama mengawal proses penghitungan suara untuk Pemilu yang akuntabel
Palu,  (antarasulteng.com) - Koalisi Partai Politik Pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengaku optimistis pasangan yang didukungnya akan memenangi Pilpres 2014.

"Yang kita harus lakukan sekarang adalah bersama-sama mengawal proses penghitungan suara untuk Pemilu yang akuntabel," kata Ketua Koalisi Pendukung Prabowo-Hatta Longki Djanggola di Palu, Kamis. 

Hasil sementara perhitungan langsung oleh tim Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 9 Juli 2014 pukul 23.00 WIB, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh suara hingga 52,3 persen, sedangkan Jokowi-Jusuf Kalla meraup suara 47,7 persen.

Data itu didapat dari 270 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di 33 provinsi di 359 kabupaten/kota di Indonesia.

Namun demikian, Longki juga meminta semua pihak untuk saling menghargai perbedaan pendapat terkait berbagai hasil perhitungan cepat pemilihan presiden pada 9 Juli 2014. 

Politisi yang juga Gubernur Sulawesi Tengah ini menegaskan hasil akhir dari Pilpres ditentukan oleh penghitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum KPU, bukan dari lembaga penyelenggara hitung cepat (quick count). 

"Tentu, kita optimistis Pilpres ini dimenangkan oleh Prabowo-Hatta, namun kita harus menunggu keputusan KPU. Setelah itu baru kita akan menyampaikan keterangan resmi kepada media," katanya.

Hasil hitung cepat yang dirilis LKBN ANTARA dan LPP RRI menyebutkan pasangan Joko Widodo-M Jusuf Kalla (Jokowi-JK) unggul 54,84 persen dibanding Prabowo-Hatta di Provinsi Sulawesi Tengah pada Pilpres, 9 Juli 2014.

Hasil hitung cepat itu menunjukkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa meraih suara 45 persen dari 100 persen suara yang masuk.

Sementara itu, suara sah yang masuk di pusat penghitungan mencapai 99,29 persen dengan partisipasi sebanyak 74,41 persen.

Secara nasional pasangan Jokowi-JK juga memimpin dengan raihan 52,58 persen suara, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 47,42 persen. 

Tim sukses Jokowi-JK di Sulawesi Tengah juga terus mengawal penghitungan suara itu mulai dari tingkat TPS.(skd)