Bupati Mamuju Utara Bermalam Di Desa

id kapita, matra, ambo

Bupati Mamuju Utara Bermalam Di Desa

Ir H Agus Ambo Djiwa (antaranews)

Mamuju, (antarasulteng.com) - Bupati Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat, Agus Ambo Djiwa  mengatakan, dirinya bermalam di setiap desa di wilayahnya untuk mensukseskan program desa "Smart" yang dicanangkan pemerintahannya.

"Untuk mensukseskan program Desa Smart maka dijadwalkan setiap pekan kami bermalam di setiap desa yakni di rumah penduduk setiap desa," kata Bupati Mamuju Utara, Agus Ambo Djiwa di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, dirinya sebagai pemimpin di Mamuju Utara tidak hanya mengunjungi desa tetapi bermalam, untuk berbaur dengan masyarakat mendiskusikan setiap permasalahan di desa untuk dicarikan solusinya.
Menurut dia, program Desa Smart yang dicanangkan pemerintah di Mamuju Utara telah menyentuh 15 desa untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mendorong pembangunan ekonomi.
"Sejak 2012 lalu program Desa Smart telah menyentuh 15 desa dari 59 desa di Kabupaten Mamuju Utara, program itu juga untuk  memaksimalkan pelayanan publik di desa dalam rangka mempercepat pembangunan," kata Bupati Mamuju Utara.

Ia mengatakan, Desa Smart merupakan program pemerintah di Kabupaten Mamuju Utara untuk memajukan pembangunan di Mamuju Utara agar terus berkembang secara ekonomi dan dapat setara dengan Kabupaten lainnya yang sudah maju di Indonesia.

Menurut dia, setiap tahun pemerintah menggelontorkan anggaran APBD mencapai Rp177 juta untuk setiap desa yang tersentuh program itu.

Bupati mengatakan, seluruh desa di Mamuju Utara akan diupayakan dapat disentuh melalui program itu sehingga seluruh desa dapat maju dan berkembang mendorong kemajuan kabupaten Mamuju Utara.

Ia menjelaskan, program desa smart yang merupakan program dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik di Matra dengan membangun kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat agar pembangunan masyarakat yang sedang dipacu dapat semakin ditingkatkan.

Menurut dia, dalam program itu diantaranya akan diwujudkan sejumlah program yang diantaranya adalah program untuk meningkatkan penyuluhan pendidikan, kesehatan, hukum, keahlian kerja dan lainnya.

Dia berharap dengan program Matra yang masih tertinggal dari segi sumber daya manusia dapat berkembang dan maju di masa mendatang.(skd)