TNLL Waspadai Kebakaran Hutan

id TNLL, KEBAKARAN

TNLL Waspadai Kebakaran Hutan

Salah satu aktivitas pembakaran lahan perkebunan di sekitar TNLL."

Selama beberapa bulan terakhir ini sudah ada beberapa titik kebakaran di dalam Kawasan Taman Nasional. Hanya saja luasan areal hutan yang terbakar masih kecil," katanya.
Palu (antarasulteng.com) - Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) semakin meningkatkan pengamanan di kawasan hutan lindung itu guna mengantisipasi berbagai gangguan, terutama kebakaran hutan.

"Semua petugas di setiap wilayah dalam Kawasan Taman Nasional itu kini disiagakan untuk mencegah kebakaran dan perambahan," kata Kepala Bidang Teknik Konservasi Balai Besar TNLL, Ahmad Yani di Palu, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengistruksikan kepada semua petugas, terutama polisi hutan (Polhut) yang tersebar di beberapa wilayah di TNLL untuk lebih proaktif melakukan pengawasan dan pengamanan.

Selain gencar melakukan operasi dengan mengadakan patroli dalam titik-titik rawan gangguan, para petugas juga diharapkan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi sangat perlu agar masyarakat ikut menjaga Kawasan Taman Nasional yang menjadi aset pemerintah dan juga paru-paru dunia itu.

Apalagi, katanya, di beberapa daerah di Tanah Air banyak terjadi kebakaran hutan sehingga perlu mendapat perhatian dari semua pihak, termasuk masyarakat agar tidak sembarangan membakar kayu atau rumput di kebun.

Wilayah TNLL yang sebagian masuk dalam pemerintahan Kabupaten Poso dan Kabupaten Konservasi Sigi itu, kata Yani, berbatasan langsung dengan permukiman masyarakat.

Di sekitar TNLL tersebut terdapat sebanyak 60 desa dan sebagian besar berbatasan langsung dengan hutan lindung sehingga sangat rawan terjadinya berbagai gangguan, termasuk kebakaran hutan.

"Selama beberapa bulan terakhir ini sudah ada beberapa titik kebakaran di dalam Kawasan Taman Nasional. Hanya saja luasan areal hutan yang terbakar masih kecil," katanya.

Namun demikian, hal itu tidak bisa dibiarkan terjadi karena dapat mengancam habitat berbagai satwa yang ada di dalam Kawasan taman Nasional.

Luas areal TNLL sekitar 217 ribu hektare. TNLL banyak menyimpan berbagai obyek wisata unik yang tidak ada di daerah lainnya, termasuk patung mengalit di Dataran Lore, Kabupaten Poso yang kini banyak dikunjungi para turis dari berbagai negara di dunia. (BK03)