Pusat Perdagangan Manado Sepi Akibat Gempa

id mal, dagang

Pusat Perdagangan Manado Sepi Akibat Gempa

Ilustrasi (antaranews)

Manado,  (antarasulteng.com) - Pusat perdagangan di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terlihat sepi akibat gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang daerah tersebut.

"Pihak managemen  pusat perdagangan Manado Town Square (Mantos) perintahkan agar pengunjung segera meninggalkan lokasi karena gempa bumi," kata Roy T, karyawan swasta di Mantos Manado, Sabtu.

Roy mengatak saat gempa, semua pengunjung berhamburan ke luar dan panik akibat kekuatan gempa yang berlangsung cukup lama.

Katanya, pengunjung makin takut karena banyak dinding pusat belanja tersebut yang retak akibat gempa bumi.

"Hampir satu jam pengunjung berada di luar pusat belanja tersebut, akibat takut masuk ke dalam," jelasnya.

"Gempa yang berpusat di Halmahera Maluku Utara tersebut, berpotensi tsunami hingga ke Sulut," kata Asisten Seismology Stasiun Geofisika Winangun Manado, Isty.

Isty mengatakan gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer, dan  berpotensi menimbulkan tsunami baik di Bitung maupun Manado.

"Meskipun demikian, warga di Kota Manado dan sekitar pantai jangan panik, dan kami menghimbau agar warga menjauhi lokasi dekat pantai," kata Isty.

Pusat gempa berada di Halmahera Maluku Utara 132 km Barat Laut Halmahera. 152 km Tenggara Sitaro Sulawesi Utara, 156 km Barat Laut Ternate Maluku Utara, 180 km Barat Laut Sofifi Maluku Utara dan 2364 km Timur Laut Jakarta-Indonesia.(skd)