Menhub Akan Tinjau Pelabuhan Pantoloan Dan Taipa

id menhub, jonan

Menhub Akan Tinjau Pelabuhan Pantoloan Dan Taipa

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (antaranews)

Keberadaannya sangat penting untuk menunjang pembangunan Sulawesi Tengah khususnya menyambut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan meninjau infrastruktur perhubungan laut di Pelabuhan Pantoloan dan pelabuhan penyeberangan di Taipa, Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Senin (30/3).

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah Hendro Surahmat, Jumat malam di Palu, mengatakan keberadaan Pelabuhan Pantoloan sangat strategis sebagi pintu gerbang Sulawesi Tengah melalui laut.

"Keberadaannya sangat penting untuk menunjang pembangunan Sulawesi Tengah khususnya menyambut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu," katanya.

Hendro belum memastikan agenda detail dari Menhub, namun kemungkinan terkait dengan rencana pengembangan Pantolan sebagai pelabuhan internasional yang direncanakan panjangnya menjadi 650 meter dari 430 meter saat ini.

"Detailnya ada di Pelindo. Yang jelas pelabuhan Pantoloan sangat mendukung strategis menjadi pelabuhan internasional karena berada di jalur ALKI II," katanya.

Setelah itu Menhub Ignasius Jonan akan meninjau pelabuhan penyeberangan di Taipa, Kota Palu. Pelabuhan ini dioperasikan oleh Pemerintah Kota Palu.

Pelabuhan tersebut selama ini mendukung jalur perhubungan laut Palu-Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebelum kembali ke Jakarta, Menhub akan berdialog dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dipastikan tidak hadir dalam acara tersebut karena pada waktu yang sama terdapat agenda dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional di Jakarta. (skd)