Pemkot Siap Laksanakan Operasi Pasar

id PEMKOT, PASAR, MURAH P[LU

Pemkot Siap Laksanakan Operasi Pasar

Warga serbu pasar murah untuk membeli berbagai kebutuhan menjelang Ramadhan/Antara

"Hanya saja waktunya belum ditetapkan karena masih akan rapat koordinasi dengan semua dinas terkait di Palu," kata Kepala Bidang Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Taming Tombolotutu, Rabu.
Palu- Pemkot Palu, Sulawesi Tengah, siap melaksanakan operasi pasar guna mengatasi gejolak harga kebutuhan pokok di pasaran yang dalam sepekan terakhir ini bergerak naik.

Kepala Bidang Administrasi Perekenomian Pemkot Palu Taming Tombolotutu, Rabu, mengatakan dalam waktu dekat ini operasi pasar akan dilaksanakan dengan melibatkan sejumlah instansi.

"Hanya saja waktunya belum ditetapkan karena masih akan rapat koordinasi dengan semua dinas terkait di Palu," katanya.

Menurut dia, operasi pasar sangat dibutuhkan, sebab harga beberapa kebutuhan masyarakat di pasar-pasar menjelang Ramadhan cenderung naik.

Kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan telur ayam.

Harga beras kualitas terbaik dari Rp380 ribu per karung, kini naik menjadi Rp400 ribu, gula pasir dari Rp11 ribu, naik menjadi Rp14 ribu per kilogram dan minyak goreng bimoli dari Rp12 ribu, kini naik menjadi Rp14 ribu per kilogram dan telur ayam Rp1.200 per butir.

Kenaikkan harga selain karena permintaan meningkat, juga harga di tingkat produsen dan distributor naik.

Dari beberapa jenis kebutuhan yang mengalami kenaikkan itu, stok telur ayam di pasar kurang, sementara permintaan masyarakat meningkat.

Namun demikian, stok yang ada masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selama ini telur ayam yang dijual di pasar-pasar di Kota Palu dipasok oleh para pengusaha peternakan di Palu. Juga sebagian dikirim para pedagang ke Poso dan Kabupaten Tolitoli.

Ny Juniar, seorang pedagang telur di pasar Masomba mengatakan stok telur semakin berkurang karena banyaknya permintaan masyarakat.

Ia juga mengaku harga telur naik, erat kaitannya stok kurang dan permintaan meningkat.(Ant)