Harga Minyak Dunia "Rebound" Setelah Turun Tajam

id minyak

Harga Minyak Dunia "Rebound" Setelah Turun Tajam

Ilustrasi (antaranews)

New York (antarasulteng.com) - Harga minyak dunia berakhir sedikit lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), berbalik naik atau "rebound" dari penurunan curam hari sebelumnya di pasar yang berfluktuasi karena beberapa analis mengutip tanda-tanda potensi peningkatan permintaan.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, ditutup 37 sen lebih tinggi pada 50,79 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, lapor AFP.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Mei, menguat 1,02 dolar AS menjadi menetap di 56,57 dolar AS per barel di perdagangan London.

Shailaja Nair, konsultan energi Platts, mengatakan harga berbalik naik pada Kamis karena perburuan harga murah (bargain-hunting) para pedagang, yang menyerbu minyak ketika harganya tertekan.

Tetapi Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group, menekankan bahwa impor minyak mentah AS meningkat meskipun persediaannya tinggi, dan mengatakan itu bisa menunjukkan peningkatan prospek permintaan di konsumen minyak terbesar di dunia atau kekhawatiran tentang pengetatan pasokan.

"Harga minyak rebound kembali hari ini karena ada tanda-tanda bahwa produksi AS akan segera mulai jatuh dan permintaan global akan mulai naik," kata Flynn.

"Dengan perbedaan harga minyak mentah masih menguntungkan, pasar katakan mengirim kami Anda lelah, Anda miskin, massa berkumpul dan mengirim Anda barel tambahan minyak mentah."

Pada Rabu, kedua kontrak jatuh sekitar 3,55 dolar AS setelah laporan mingguan persediaan komersial Departemen Energi AS menunjukkan peningkatan hampir 11 juta barel minyak mentah mencapai rekor 482,4 juta barel. (skd)