Seluruh Daerah Di Sulteng Siap Laksanakan Pilkada Serentak

id longki, gubernur

Seluruh Daerah Di Sulteng Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)

Dari laporan yang saya terima, semua daerah sudah siap melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak
Palu, (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan seluruh daerah yang akan masuk dalam agenda pemilihan kepala daerah sudah siap melaksanakan agenda pemilihan serentak tersebut.

"Dari laporan yang saya terima, semua daerah sudah siap melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak," kata Longki Djanggola pada rapat koordinasi stakeholders oleh Badan Pengawas Pemilu RI di Palu, Jumat.

Rapat koordinasi tersebut dalam rangka pendidikan pengawasan partisipatif pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota se Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015 sebanyak delapan daerah akan melaksanakan pemilihan kepala daerah yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Tolitoli, Poso, Tojo Unauna, Morowali Utara, Banggai dan Banggai Laut, serta pemilihan gubernur.

Gubernur mengatakan kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut didukung dengan anggaran dan fasilitas pendukung lainnya dari pemerintah daerah masing-masing.

"Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melaksanakan pemilihan kepala daerah," katanya.

Longki mengatakan dua daerah yang belakangan ditetapkan akan mengikuti pemilihan kepala daerah juga sudah siap meski APBD 2015 ditetapkan.

"Termasuk provinsi yang tadinya dananya tidak siap akhirnya sudah siap setelah konsultasi ke Mendari. Begitu juga dengan Kabupaten Banggai," katanya.

Longki mengatakan dirinya yakin masyarakat juga sudah siap dan memahami demokrasi yang sudah terbangun di daerah ini.

Longki juga berharap para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dapat bekerja sama mengawal proses demokrasi tersebut sehingga melahirkan pemilihan kepala daerah yang profesional, jujur dan akuntabel.(skd)