Minahasa Promosikan Budaya Kesenian Di Belanda

id budaya

Minahasa Promosikan Budaya Kesenian Di Belanda

Ilustrasu--(ANTARA FOTO/Kemenlu-Suwandy)

Saya merasa bangga atas penampilan maksimal para Waraney Wulan Minahasa sehingga telah membawa nama baik daerah bahkan Provinsi Sulawesi Utara dan bangsa Indonesia
 Manado,  (antarasulteng.com) - Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, mempromosikan budaya dan kesenian daerah itu di ajang internasional Tong-tong Fair Den Haag Belanda, Kamis.

"Saya merasa bangga atas penampilan maksimal para Waraney Wulan Minahasa sehingga telah membawa nama baik daerah bahkan Provinsi Sulawesi Utara dan bangsa Indonesia," kata Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng dari Den Haag Belanda melalui telepon genggam.

Para Waraney dan Wulan Minahasa yang tampil memukau ini untuk promosi budaya dan kesenian daerah Toar Lumimuut di Eropa.

Penampilan Tim Kesenian Minahasa berhasil memukau warga Belanda dan penonton lainnya yang memadati lokasi pameran Tong Tong Fair 2015 di Malieveld, Den Haag, Belanda.

Tim Kesenian yang terdiri dari 20 peserta Waraney Wulan Minahasa (WMM) beserta official dan beberapa pejabat Pemkab Minahasa dipimpin Sekdakab Jeffry Korengkeng ini, tampil sebagai peserta pertama dalam Tong-Tong Fair ini dengan menampilkan tarian Maengket, tarian Pisok, tarian Tetengkoren dan ditutup dengan tarian Katrili.

Saat tampilan tarian Katrili, suasana acara yang dipenuhi para turis asal Eropa ini langsung bertepuk tangan gembira mengikuti lantunan gerak dan lagu para penari Minahasa ini hingga tarian selesai.

Disela-sela penampilan tarian tersebut, tampak pula seorang personil Wulan Minahasa tampil di podium dan menyanyikan lagu "O Minahasa Kinatoanku" dan lagu "Esa Mokan".

Bahkan, katanya, saat tim kesenian ini turun dari atas panggung, tampak para warga Belanda menyerbu para penari ini untuk berfoto bersama dan langsung menawar topi berbentuk burung yang digunakan dalam tarian Pisok untuk dibeli dengan harga mahal dengan mata uang euro.

Di akhir penampilan Tim Kesenian Minahasa ini, Sekda Jeffry Korengkeng bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Seeve Korengkeng-Warouw, Asisten I Denny Mangala, Kadis Pariwisata Debby Bukara. Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo, Kabag Kemasyarakatan Widi Rinjani, Sekdis Pariwisata Basaria Tiara Lumbangaol serta seluruh penari dan official lainnya diundang naik ke panggung untuk menerima apresiasi dari penyelenggara.

Adapun para Waraney dan Wulan Minahasa yang tampil memukau ini untuk promosi budaya dan kesenian di Eropa ini, diantaranya Derien Saerang, Natasha Gabriela Sumual, Richard Theis, Ferry Kumentas, Friska Tani, Brian Mailangkay, Frengky NIcolaas, Diane Christine Rantung, Megumi Geraldin Kusen, Nisia Tewu, Whitney Pangkey, Riebka Rori, Reinhard Mangala, Valdano Sajow, Princess Pontoh, Elfiera Bororing, Falentin Laloan, Levina Gimon dan Johanis Pantouw.