Lima Daerah Di Sulteng Raih Opini WTP

id bpk

Lima Daerah Di Sulteng Raih Opini WTP

Ilustrasi (ANTARA/BPK)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada lima daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) berdasar hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2014. 

Kepala BPK Perwakilan Sulteng M Bayu Sabartha menyerahkan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah wilayah provinsi itu kepada masing-masing daerah di Gedung BPK Perwakilan Sulteng di Palu, Kamis.

Lima daerah tersebut adalah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Tojo Unauna, Donggala dan Kota Palu.

Penyerahan hasil pemeriksaan itu dihadiri oleh lima kepala daerah tersebut masing-masing yakni Sofyan Mille (Banggai), Lania Laosa (Banggai Kepulauan), Kasman Lassa (Donggala), Damsik Ladjalani (Tojo Unauna) dan Wakil Wali Kota Mulhanan Tombolotutu.

BPK memberikan piagam penghargaan kepada mereka atas prestasi kepemimpinan mereka dalam penatausahaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah tahun anggaran 2014.

Dari lima bupati/wakil wali kota yang hadir hanya Bupati Donggala Kasman Lassa yang menerima plakat dari BPK dengan alasan piagam penghargaan dari BPK RI tertinggal di Jakarta.

Sementara itu enam daerah lainnya yang mendapat penilaian wajar dengan pengecualian adalah Kabupaten Sigi, Tolitoli, Buol, Poso, Parigi Moutong dan Morowali.

Bupati Tojo Unauna Damsik Ladjalani mewakili seluruh bupati yang menerima opini WTP mengakui masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan keuangan terutama soal aset daerah yang hingga saat ini masih perlu dibenahi.

"Walaupun sesungguhnya keberadaan aset itu sudah bisa ditelusuri," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Tolitoli Andi Ahmad Syarif mengatakan hasil pemeriksaan BPK tersebut akan menjadi acuan bagi legislatif dalam tugas pengawasan keuangan daerah.

"Tujuannya untuk menekan terjadinya penyalahgunaan keuangan daerah sehingga perlu pengawasan dari DPRD," kata Syarif. (skd)