Perlu Ditumbuhkan Kesadaran Masyarakat Donorkan Darah

id sudarto

Perlu Ditumbuhkan Kesadaran Masyarakat Donorkan Darah

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto (Istimewa)

Kita selalu masih saja kekurangan stok darah
Palu,  (antarasulteng.com) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Sudarto mengatakan perlu terus ditumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah bagi kepentingan kemanusiaan di daerah itu.

"Kita selalu masih saja kekurangan stok darah," katanya ketika memberikan sambutan ada kegiatan donor darah yang berlangsung di Mall Ramayana Tatura Palu, Minggu.

Wagub Sudarto yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulteng, mengatakan dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah, termasuk di Kota Palu semakin meningkat.

Namun demikian, perlu terus didorong agar semakin banyak masyarakat yang ikut peduli atas keselamatan jiwa manusia.

Ia juga menyampaikan apresiasi tinggi bagi mereka yang selama ini aktif mendonorkan darahnya baik langsung ke PMI setempat maupun lewat kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan berbagai pihak.

Menurut dia, tanpa adanya partisipasi dari semua pihak terkait, tentu PMI tidak akan bisa menyediakan stok darah dalam jumlah yang memadai.

Sementara di satu sisi, permintaan akan darah dari pihak rumah sakit terus meningkat.

Wagub Sudarto mengimbau masyarakat yang selama ini belum pernah mendonorkan darahnya, dapat mendukung program kemanusiaan tersebut.

"Saya imbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya guna kepentingan kemanusiaan," katanya.

Dalam kegiatan donor darah yang berlangsung di Mall Ramayana Tatura Palu, PMI Sulteng menargetkan 1.000 pendonor.

Sementara Direktur Mall Ramayana Tatura Palu, Karman Karim menyambut positif kegiatan tersebut dan berharap mendapat dukungan dan perhatian dari masyarakat, terutama para pengunjung mall.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini. Saya akan menyediakan tempat khusus untuk melayani jika ada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya," kata dia.

Karman mengatakan, jika sudah ada tempat khusus donor darah di mall, ia yakin akan dimanfaatkan para pengunjung.

Pasti akan ada pengunjung yang datang ke mall dan mendonorkan darahnya. (skd)