71 Balita Di Sulut Idap HIV/AIDs

id haiv, aids, bayi

71 Balita Di Sulut Idap HIV/AIDs

aids (REUTERS/Jayanta Dey)

Peningkatan jumlah ini ada korelasi dengan semakin banyaknya ibu rumah tangga yang mengidap HIV/AIDS
Manado,  (antarasulteng.com ) - Sebanyak 71 anak berusia di bawah lima tahun (balita) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengidap "human immunodeficiency virus/acquired immuno deficiency syndrome" (HIV/AIDS) hingga Desember 2014.

Sebagaimana data Dinas Kesehatan yang dipublikasi Komisi Penanggulangan Aids Provinsi (KPAP), jumlah anak di bawah satu tahun yang teridentifikasi tertular penyakit ini sebanyak 30 anak, di mana delapan orang mengidap HIV, dan sisanya 22 anak mengidap AIDS.

Sementara itu, anak usia satu hingga empat tahun, jumlah pengidap sebanyak 41 anak, di mana 20 anak mengidap HIV dan sisanya 21 anak mengidap AIDS.

Jumlah anak pengidap HIV/AIDS pada periode ini meningkat 11 kasus bila dibandingkan dengan data pada Februari 2013 lalu yang jumlahnya sebanyak 60 kasus.

"Peningkatan jumlah ini ada korelasi dengan semakin banyaknya ibu rumah tangga yang mengidap HIV/AIDS," kata Sekretaris KPAP dr Tangel-Kairupan, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan, apabila kondisi seorang ibu terdeteksi lebih awal, maka dapat melakukan langkah pencegahan melalui program "Prevention Mother to Child Transmission" (PMCTC) atau program pencegahan penularan HIV dari ibu ke bayi.

"Sosialisasi atau langkah penyadaran terus kami lakukan kepada masyarakat agar mau memeriksakan status kesehatannya ke voluntary counseling clinic yang tersedia," ajaknya. (skd)