Sabtu, 21 Oktober 2017

"Tomohon International Flower Festival" Serap Rp2,5 Miliar

id festival, flower
Ilustrasi (antaranews)
Anggaran tersebut sudah tertata dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD tahun ini. Secara keseluruhan anggaran yang digunakan untuk kegiatan ini sebesar Rp2,5 miliar
Manado,  (antarasulteng.com) - Perhelatan "Tomohon International Flower Festival" (festival bunga internasional Tomohon) pada 8-12 Agustus 2015 menyerap anggaran sebesar Rp2,5 miliar, kata Wali Kota Jimmy F Eman, Minggu.

"Anggaran tersebut sudah tertata dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD tahun ini. Secara keseluruhan anggaran yang digunakan untuk kegiatan ini sebesar Rp2,5 miliar," kata Wali Kota Eman di Tomohon, Minggu.

Serapan anggaran sebesar ini kata dia, semakin berkurang bila dibandingkan dengan tahun 2014 lalu yang mencapai sekitar Rp4 miliar.

Bahkan pada perhelatan-perhelatan kegiatan serupa yang dimulai tahun 2008, 2010 dan 2012, penyerapan anggaran mencapai Rp15 miliar rupiah.

"Menurunnya anggaran pada pelaksanaan festival bunga dari tahun 2014 hingga tahun ini karena semakin banyak sponsor yang ikut membantu. Berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya yang memang hanya bergantung penuh pada APBD," ujarnya.

Dia pun mengharapkan, upaya pemerintah kota melakukan promosi-promosi wisata hingga keluar Kota Tomohon mendapat respon positif masyarakat, karena langkah ini seutuhnya untuk memperkenalkan potensi-potensi wisata yang ada.

Festival bunga hanya salah satu pemantik minat wisatawan ke Kota Tomohon, karena daerah berpenghuni sekitar 101 ribu jiwa lebih ini sesungguhnya memiliki beragam potensi wisata yang dapat dapat dikembangkan, lanjut dia.

"Pada akhirnya juga masyarakat yang akan menikmatinya bila Tomohon telah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia," ujarnya. (skd)

Editor: Santoso

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga