Kamis, 21 September 2017

Astra-Pirelli Bangun Pabrik Ban

id ban, astra
Astra-Pirelli Bangun Pabrik Ban
Kebutuhan ban sepeda motor terus meningkat. (ANTARA/Citro Atmoko)
Jakarta, (ANTARA Sulteng) - Produsen komponen otomotif terkemuka PT Astra Otoparts Tbk menggandeng perusahaan asal Italia, Pirelli untuk membangun pabrik ban dengan produksi sebanyak 7 juta unit per tahun pada 2016.

Perjanjian kerja sama dilakukan antara CEO Astra Otoparts Siswanto Prawiroatmodjo dan Senior Vice President Pirelli Moto Business Unit Uberto Thun, di Jakarta, Selasa.

Penandatangan perjanjian kerja sama strategis tersebut juga disaksikan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menteri Luar Negeri Italia Giulio Terzi di Sant'Agata dan Dubes Italia untuk Indonesia Federico Faila.

Direktur Astra Otoparts Robby Sani mengatakan, investasi pembangunan pabrik baru ban motor tersebut merupakan pabrik pertama Pirelli di Indonesia.

Total investasi yang dibutuhkan mencapai 120 juta dolar AS yang akan dipenuhi hingga tahun 2014.

Untuk merealisasikan kerja sama tersebut akan dibentuk perusahaan patungan dengan kepemilikan saham 60 persen Pirelli dan 40 persen Astra Otoparts.

Meski demikian Robby tidak merinci lebih lanjut sumber pendanaan masing-masing pihak.

Ia hanya menjelaskan akan dibiayai dari kas internal perusahaan dan pinjaman perbankan.

Adapun pabrik baru direncanakan berlokasi di wilayah timur Jakarta dengan luas areal 25 hektar yang diharapkan mulai dibangun kuartal IV 2012.

Dengan begitu pabrik yang menyerap tenaga kerja hingga 750 orang tersebut mulai beroperasi mulai semester II 2013.

Adapun produksi pada tahun 2014 mencapai sekitar 2 juta unit ban sepeda motor.

Ia menjelaskan, dari target produksi 7 juta unit ban pada 2016 sebanyak 4 juta unit akan diberi merek Pirelli atau Metzeler yang dikhususkan untuk pasar ekspor ke negara-negara di Asia Pasifik.

Sedangkan sisanya sebanyak 3 juta unit ban diberi merek Aspira untuk mengisi pasar domestik.

Robby menambahkan, pabrik baru tersebut tidak hanya meningkatkan kapasitas produksi ban motor Pirelli, tapi juga untuk menambah eksistensi di pasar ASEAN yang saat ini merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia.

"Di Asia Tenggara populasi sepeda motor berkisar 250 juta unit, sebanyak 68 juta di antaranya berada di Indonesia dengan pertumbuhan di atas 10 persen per tahun," katanya.

Pirelli yang didirikan 1872, sekarang merupakan produsen ban ke lima terbesar di dunia yang diekspor ke lebih 160 negara dengan 21 fasilitas produksi di empat benua.(R017)

Editor: Santoso

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Baca Juga