Rabu, 18 Oktober 2017

Sebanyak 6.000 Wisatawan Kunjungi Danau Tambing

id danau, tambing
Sebanyak 6.000 Wisatawan Kunjungi Danau Tambing
Ilustrasi (ANTARA)
Palu, (antarasulteng.com) - Sebanyak 6.000 wisatawan domestik dan mancanegara telah berkunjung ke Danau Tambing, Sulawesi Tengah pada Januari hingga medio Agustus 2015, kata Kepala Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Achmad Yani.

Salah satu daya tarik Danau Tambing adalah adanya kicauan ribuan burung pada pagi dan sore hari. Dari 270 jenis burung yang ada, sekitar 60 persen merupakan satwa endemik Sulawesi.

Jumlah wisatawan tersebut melebihi target yang ditetapkan kantor pusat, kata Achmad Yani di Palu, Jumat.

Ia mengatakan target pengunjung objek wisata yang berada dalam Taman Nasional Lore Lindu tersebut selama setahun hanya 5.000 orang namun telah 6.000 orang hingga medio Agustus 2015.

Dia optimistis dalam beberapa bulan ke depan, jumlah pengunjung bisa mencapai 8.000 orang.

Wisatawan mancanegara didominasi dari Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Perancis, Hongkong, Jepang, Singapura dan Australia. Sebagian wisatawan merupakan peneliti burung.

Kantor Taman Nasional Lore Lindu menargetkan pendapatan negara dari hasil penjualan tiket masuk objek wisata Danau Tambing sebesar Rp26 juta.

Tetapi hingga kini sudah terealisasi sebesar Rp32 juta dan kemungkinan besar hingga akhir 2015 pendapatan bisa mencapai Rp50 juta.

"Itu baru dari satu pintu yaitu objek wisata Danau Tambing," katanya.

Selain Danau Tambing, objek wisata di dalam Kawasan Taman Nasional Lore Lindu antara lain penangkaran burung maleo (macrocephalon maleo) di Desa Saluki, penangkaran tarsius (tarsius tarsier) dan sumber air panas di Desa Kadidia dan Kamaroa, Danau Lindu dan patung megalit di Dataran Napu dan Besoa. (skd) 

Editor: Santoso

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga