Telkomsel Perkuat Jaringan Dukung Sail Tomini

id telkomsel

Telkomsel Perkuat Jaringan Dukung Sail Tomini

Ilustrasi (ANTARA)

Kami berupaya untuk menekan `blank-spot` meski hal itu cukup berat sebab kondisi topografi dan geografis wilayah itu cukup sulit....
Palu,  (antarasulteng.com) - PT Telkomsel sebagai partner tunggal perusahaan telekomunikasi seluler dengan Sail Indonesia sedang membangun berbagai sarana dan fasilitas pendukung untuk memperkuat jaringan komunikasi guna mendukung kesuksesan penyelenggaraan Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tegah.

Penguatan jaringan komunikasi tidak hanya di lokasi acara puncak di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, tetapi juga di sejumlah titik penyelenggaraan berbagai kegiatan memeriahkan Sail Tomini ini, kata Eko Wahyudi, Branch Manager PT Telkomsel Palu, Senin.

Menurut dia, ada empat lokasi yang menjadi perhatian utama penguatan jaringan Telkomsel terkait Sail Tomini tersebut yakni lokasi acara puncak di Pantai Kayubura, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu, wilayah Tada dan Tinombo di sebelah utara Kota Parigi, jalur jalan Tawaeli-Toboli (Kebun Kopi) serta wilayah Kota Palu.

Di lokasi puncak acara di Pantai Kayubura, katanya, Telkomsel sedang membangun tiga BTS (base tranceiver station) bergerak 3G dengan konfigurasi penuh yang diperkirakan mampu melayani 8.000 percakapan, pesan singkat dan data dalam waktu bersamaan.

"Diperkirakan puncak acara Sail Tomini akan dihadiri 10.000 sampai 13.000 orang. Jadi dengan kemampuan melayani 8.000 pembicaraan secara bersamaan itu sudah cukup memadai," kata Habibi M. Tau, Manager Network Service Telkomsel Palu yang mendampingi Eko Wahyudi.

Penguatan jaringan juga akan dilakukan di daerah Tada dan Tinombo, sekitar 80 kilometer utara Parigi dengan mengotimalisasi BTS yang sudah ada saat ini. 

Jaringan di lokasi ini perlu penguatan karena akan menjadi lokasi berbagai kegiatan terkait Sail Tomini seperti lari marathon, bakti sosial TNI serta bhkti sosial Kapal Pemuda Nusantara.

Sementara itu, pada jalur jalan nasional Tawaeli-Toboli atau lebih dikenal jalur Kebun Kopi, Telkomsel akan membangun sembilan BTS sementara untuk menekan seminimal mungkin `blank-spot` (titik tanpa sinyal) komunikasi seluluer karena jalur itu akan ramai dilewati oleh para tamu negara dan masyarakat yang akan menghadiri berbagai acara Sail Tomini.

Penguatan jaringan komunikasi telkomsel di jalur jalan penting ini, menurut Habibie, dilakukan karena tamu-tamu negara Sail Tomini akan menginap di Kota Palu sementara lokasi puncak acara terdapat di Kota Parigi dan sekitarnya.

"Kami berupaya untuk menekan `blank-spot` meski hal itu cukup berat sebab kondisi topografi dan geografis wilayah itu cukup sulit, apalagi ketersediaan listrik untuk menghidupkan peralatan Telkomsel sangat terbatas," ujar Habibie.

Sementara itu di Kota Palu, Telkomsel juga akan mengoptimalisasi semua BTS yang telah ada guna menambah kapasitas layanan suara, SMS dan data, karena sebagian besar tamu dan pengunjung Sail Tomini akan menginap di ibu kota provinsi ini.

"Semua upaya kami meningkatkan kapasitas jaringan ini diharapkan sudah selesai dan mulai digunakan pada 1 September 2015. Insya Allah, kualitas komunikasi oleh para pengguna jasa Telkomsel selama Sail Tomini akan memuaskan," ujar Eko Wahyudi namun menolak menyebut berapa investasi yang dikeluarkan Telkomsel untuk penguatan layanan sebelum dan sesuah Sail Tomini tersebut.