Telkomsel Upayakan Jalur Kebun Kopi Bebas "blank Spot"

id Telkomsel

Telkomsel Upayakan Jalur Kebun Kopi Bebas "blank Spot"

Ilustrasi (ANTARA)

Saat ini, sebagian besar ruas jalan tersebut masih `blank-spot` signal seluler meski Telkomsel sudah memiliki satu buah BTS permanen," kata Eko.
Palu (antarasulteng.com) - PT Telkomsel berupaya memasang sejumlah peralatan pemancar signal telepon seluler di poros jalan nasional Tawaeli-Toboli, Sulawesi Tengah, agar jalur Kebun Kopi tersebut tidak mengalami "blank spot" (titik tanpa sinyal telepom seluler) untuk mendukung kelancaran Sail Tomini 2015 .

"Kami akan memasang sembilan mobile base transceiver station (BTS bergerak) di sepanjang jalur itu, sehingga seluruh pengguna jasa Telkomsel, khususnya tamu-tamu Sail Tomini 2015 tidak akan terputus akses komunikasi saat melintas di jalur ini," kata Eko Wahyudi, Branch Manager PT Telkomsel Palu, Rabu.

Menurut Eko, pemasangan BTS tersebut bersifat sementara untuk mendukung kelancaran komunikasi masyarakat sebelum dan sesudah Sail Tomini 2015.

BTS-BTS tersebut diharapkan sudah berfungsi pada pekan pertama September 2015.

Ia menjelaskan, Sail Tomini akan dipusatkan di Pantai Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu dan puncak acara pada 19 September 2015 yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan tamu-tamu negara serta pengunjung yang diperkirakan antara 10.000 smapai 13.000 orang.

Sementara itu, pusat akomodasi akan berada di Kota Palu, termasuk rombongan Presiden dan tamu-tamu VIP dan VVIP lainnya, sehingga lalu lintas pengunjung antara Kota Palu dan lokasi acara puncak akan meningkat sangat drastis sekitar 10 hari menjelang acara puncak dan beberapa hari setelahnya.

Semua pengunjung dari Palu ke lokasi acara puncak, katanya, harus melintas di jalur Kebun Kopi sepanjang sekitar 40 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam karena kondisi jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

"Saat ini, sebagian besar ruas jalan tersebut masih `blank-spot` signal seluler meski Telkomsel sudah memiliki satu buah BTS permanen. Karena itu, kami akan menambah sembiln BTS baru (mobile) agar blank-spot diminimalisasi sehingga para pengunjung Sail Tomini tidak mengalami putus komunikasi selama melintas di jalur tersebut," ujar Eko yang didampingi Habibi M. Tau, Manager Network Service Telkomsel Palu.

Selain jalur Kebun Kopi, Telkomsel Palu juga akan memperkuat jaringan telekomunikasi data, suara dan SMS di tiga lokasi lainnya yakni lokasi acara puncak di Pantai Kayubura, wilayah Tada dan Tinombo di sebelah utara Kota Parigi, serta wilayah Kota Palu sebagai pusat akomodasi tamu dan pengunjung Sail Tomini.

Di lokasi puncak acara di Pantai Kayubura misalnya, Telkomsel sedang membangun tiga BTS (base tranceiver station) bergerak 3G dengan konfigurasi penuh yang diperkirakan mampu melayani 8.000 percakapan, pesan singkat dan data dalam waktu bersamaan. (R007)