Sail Tomini Berdampak Positif Untuk Gorontalo Utara

id sail, tomini

Sail Tomini Berdampak Positif Untuk Gorontalo Utara

Sail Tomini (sailtomini2015.com)

Dampak iven ini sangat luar biasa, khususnya bagi pemerintah daerah yang sedang berupaya keras mempromosikan pariwisata bahari yang dimiliki
Gorontalo, (antarasulteng.com) - Iven Sail Tomini dan Festival Boalemo tahun 2015 dinilai berdampak positif bagi kemajuan pariwisata di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Kamis di Gorontalo mengatakan, berkat penyelenggaraan iven internasional di Gorontalo dan Sulawesi Tengah, kabupaten ini mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi para petualang kapal layar "Yachters" yang singgah di Pulau Saronde, Kepulauan Ponelo sebagai salah satu titik singgah pada "rally yacht".

"Dampak iven ini sangat luar biasa, khususnya bagi pemerintah daerah yang sedang berupaya keras mempromosikan pariwisata bahari yang dimiliki," ungkapnya.

Ada 52 pulau yang dimiliki dan seluruhnya layak dijadikan destinasi pariwisata dunia, diantaranya Pulau Saronde, Lampu, Mohinggito dan Bugisa.

Hingga saat ini sudah lebih dari 50 wisatawan mancanegara dari belahan dunia mengunjungi Gorontalo Utara selama bulan Agustus.

Semoga nilai-nilai promosi yang dilakukan dapat tercapai sehingga kabupaten ini lebih mendunia berkat pariwisatanya, kata bupati.

Ia pun tak menyangka, Festival Saronde menyedot perhatian ribuan warga Gorontalo maupun luar daerah, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah berjalan baik.

Banyak pedagang kecil yang diuntungkan termasuk para nelayan tradisional yang meraup keuntungan karena menyewakan perahunya untuk para wisatawan yang ingin ke Pulau Saronde.

Kegiatan seperti ini kata dia, harus lebih sering dilakukan untuk menyukseskan program pariwisata bahari sebagai sumber pendapatan asli daerah terbesar yang dimiliki.

Bupati pun mengaku, Festival Saronde yang digelar Pemerintah Daerah untuk menyambut para Yachters, merupakan dukungan bagi suksesnya Sail Tomini dan Festival Boalemo.

Ia bahkan berharap para wisatawan mancanegara dapat meyakinkan negaranya masing-masing bahwa mereka aman berkunjung ke Indonesia, sebab masyarakatnya ramah dan panoramanya sangat indah dan berkelas khususnya di Gorontalo Utara.