Selasa, 27 Juni 2017

Pertamina Jamin Ketersediaan Bbm Di Sail Tomini

id pertamina
Pertamina Jamin Ketersediaan Bbm Di Sail Tomini
PT Pertamina (ANTARANews.com/ferly)
...kami akan menyediakan beberapa mobil tangki BBM nonsubsidi untuk mengisi kapal nelayan...
Palu,  (antarasulteng.com) - PT Pertamina wilayah Sulawesi Tengah menjamin tidak akan ada kelangkaan bahan bakar minyak di lokasi Sail Tomini mulai 16 hingga 20 September 2015.

"Kami telah memetakan 10 titik stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Parigi Moutong. Selain itu kami akan menyediakan beberapa mobil tangki BBM nonsubsidi untuk mengisi kapal nelayan," kata Zulfirman dari bagian pemasaran Pertamina wilayah Sulteng, di Palu, Kamis.

Ia menjelaskan daya tampung dari 10 SPBU tersebut sekitar 330 kiloliter untuk premium dan 200 kiloliter untuk solar. 

Sementara untuk kapal nelayan, Pertamina mengantisipasi dengan mobil tangki berisi BBM nonsubsidi yang dipasangkan "nozzel" dan bisa langsung mengisi kapal.

"Mobil tangki tersebut dengan kapasitas 5.000 liter dan 8.000 liter, dan akan disandarkan di sekitar pinggiran pantai kota Parigi dan Lebo. Ini untuk mengantisipasi tingginya harga eceran BBM premiun," jelasnya.

Sementara harga yang diberikan untuk BBM nonsubsidi akan berkurang sedikit atau di bawah harga eceran. 

Hal tersebut merupakan bentuk dukungan Pertamina untuk kesuksesan Sail Tomini. Namun soal besarnya diskon belum diketahui. Tetapi yang jelas hasil koordinasi dari panitia banyak yang mau, karena membeli dari eceran di lokasi harganya sudah agak mahal dan di atas rata-rata.

Terkait stok BBM saat ini, Zulfirman mengatakan tidak ada kendala, karena proses pengiriman lewat laut lancar, cuaca cukup baik.

Dia mengatakan SPBU sebagai mitra Pertamina diharapkan terus berkoordinasi untuk ketersediaan stok agar nantinya tidak ada kelangkaan.

Wakil Gubernur Sulteng Sudarto dalam rapat koordinasi terkait kesiapan Sail Tomini mengharapkan agar infrastruktur, BBM, listrik, transportasi dan telekomunikasi, harus siap sebelum tanggal 16 September.

Sail Tomini akan dipusatkan di Pantai Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu, dan puncak acara pada 19 September 2015 akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan tamu-tamu dari negara sahabat serta pengunjung yang diperkirakan antara 10.000 sampai 13.000 orang. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga