Menteri KP Bantu Excavator Bagi Petambak Udang Dolago

id udang

Menteri KP Bantu Excavator Bagi Petambak Udang Dolago

Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menunjukkan udang saat panen di tambak tradisional milik warga di Desa Dolago, Parigi Selatan, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat (18/9). (Antarafoto/Basri Marzuki)

Di lokasi itu, puluhan nelayan yang menanti sejak pagi hari langsung berebut untuk menyalami bahkan memeluk dan menciumi Menteri Susi."
Parigi, Sulteng (antarasulteng.com) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjanjikan bantuan sebuah alat berat berupa excavator untuk kelompok tani pertambak udang Laega Mandiri di Desa Dolago, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Janji pemberian bantuan yang disambut tepuk tangan puluhan petambak itu dikemukakan Menteri KP Susi Pujiastuti usai panen udang vaname di tambak tradisional seluas lima hektare milik kelompok tani Laega Mandiri, Jumat.

Bantuan alat berat berupa excavator itu akan direalisasikan pada tahun anggaran 2016 untuk dimanfaatkan anggota kelompok tani tambak dalam memberdayakan banyak lahan tambak potensial yang saat ini masih menganggur karena petani tidak mampu menggarapnya.

Kelompok tani tambak Laega Mandiri yang memiliki 30 perang anggota itu mengusahakan lima hektare tambak udang yang ditebari 80.000 ekor benih dan diperkirakan akan menghasilkan udang sebanyak 2,5 ton atau rata-rata 500 kg per hektare.

Dinas KP Kabupaten Parimo memberikan bantuan pakan dan benih kepada petambak serta pendampingan dalam teknik budidaya agar mencapai hasil yang maksimal.

Di lokasi ini, masih terdapat sekitar 600 hektare areal yang sangat potensial untuk tambak udang, namun hanya sekitar 15 persen yang bisa diolah karena tidak memiliki saluran air dan pematang yang baik.

Karena itu, para anggota kelompok tani tambak menyambut gembira pemberian bantuan alat berat karena akan sangat membantu mereka untuk membuka tambak baru dan menata jalur distribusi air yang memungkinkan tambak mereka terdiri dengan cukup dan teratur.

Usai panen udang vaname, Menteri KP Susi Pujiastuti dalam kunjungan dua jam di Parigi untuk memantau persiapan acara puncak Sail Tomini, menemui para nelayan di Desa Dolago.

Di lokasi itu, puluhan nelayan yang menanti sejak pagi hari langsung berebut untuk menyalami bahkan memeluk dan menciumi Menteri Susi. beberapa istri nelayan tampak meneteskan air mata haru karena gembira bisa bertemu langsung dengan menteri yang terkenal lewat di media massa itu. (R007)