Menpan RB Minta Imigrasi Tingkatkan Pelayanan

id yuddy

Menpan RB Minta Imigrasi Tingkatkan Pelayanan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi diperkenalkan saat pengumuman Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Menurut saya pelayanan sudah bagus, tetapi perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi
Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi dalam kunjungan beberapa hari di Palu minta kepada imigrasi untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Menurut saya pelayanan sudah bagus, tetapi perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi," katanya ketika melihat sistem pelayanan publik di Kantor Imigrasi Palu, sebelum menuju lokasi Sail Tomini di Kabupaten Parigi Moutong pada Jumat (18/9).

Sebelum keliling ruangan pelayanan pengurusan dokumen keimigrasian, Menpan RB sempat menanyakan soal jumlah warga yang datang mengurus paspor, biaya pembuatan paspor dan berapa waktu paspor selesai kepada Kepala Kantor Imigrasi Palu, Tantawi Jauhari.

"Setiap hari rata-rata 25 orang yang mengurus paspor atau meningkat dibandingkan beberapa tahun lalu paling banyak 10 orang saja," kata Tantawi menjawab pertanyaan Menpan RB.

Sementara biaya pembuatan paspor sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. Sedangkan waktu pengurusan paspor hanya tiga hari sudah selesai.

Untuk biaya administrasi pembuatan paspor, dibayar melalui bank yang telah ditunjuk.

Menpan RB menyarankan imigrasi untuk menata kembali ruangan pelayanan karena terlihat sangat sempit.

Coba cari orang yang ahli desain untuk menata kembali ruangan pelayanan agar tampak lebih baik dan tidak sempit seperti sekarang ini.

"Ya kasihan masyarakat jika seperti ini, mereka terlihat tidak nyaman," kata Menpan.

Kalau peralatan, menurutnya sudah cukup memadai jika dibandingkan dengan kebutuhan pembuatan paspor hanya sekitar 25 orang per harinya.

Jadi yang perlu mendapat perhatian dan segera dilakukan perbaikan menyangkut penataan ruangan pelayanan agar masyarakat lebih nyaman.