Mendagri Direncanakan Lantik Penjabat Gubernur Sulut

id mendagri, kumolo

Mendagri Direncanakan Lantik Penjabat Gubernur Sulut

Mendagri Tjahjo Kumolo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf) (antaranews)

Kami berharap masyarakat mendukung sepenuhnya penjabat gubernur yang baru dalam melaksanakan tugasnya
Jakarta,  (antarasulteng.com) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo direncanakan melantik Dr Soni Sumarsono sebagai penjabat Gubernur  Sulawesi Utara, di Jakarta, Senin sore.

"Pelantikan penjabat Gubernur Sulut direncanakan pukul 15.00 WIB oleh Mendagri di Kementerian Dalam Negeri," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong di Jakarta.

Surat keputusan pelantikan Sumarsono, kata Kumendong, ditandatangani Presiden Joko Widodo, dan direncanakan seusai pelantikan dilanjutkan dengan serah terima jabatan dengan Gubernur Sinyo H Sarundajang.

Pelantikan Penjabat Gubernur Soni Sumarsono, kata dia, akan dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulut, DPRD Sulut, pejabat eselon I Kemendagri, pejabat Pemprov Sulut dan undangan lainnya.

Gubernur Sinyo H Sarundajang memastikan, penjabat yang akan mengisi jabatannya adalah Soni Sumarsono, dan akan menggelar pisah sambut pada Selasa (22/9) besok di Manado.

"Kami berharap masyarakat mendukung sepenuhnya penjabat gubernur yang baru dalam melaksanakan tugasnya," katanya.

Gubernur Sarundajang tidak lagi mencalonkan diri pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember mendatang sebab telah dua periode menjabat, dan diperkirakan gubernur definitif akan dilantik pada Februari tahun depan.

Pasangan Gubernur Sinyo H Sarundajang dan Wakil Gubernur Djouhari Kansil mengakhiri masa jabatannya pada hari ini. Mendagri menyiapkan Sumarsono yang saat ini menjabat 
Direktur Jenderal Otonomi Daerah menjadi Gubernur Sulut sementara.