Puncak FFI 2015 Digelar Malam Ini

id ffi

Puncak FFI 2015 Digelar Malam Ini

Ketua Bidang Media dan Publikasi FFI 2015 Lukman Sardi di ICE, BSD Tangerang Selatan pada Senin sore. (Ida Nurcahyani)

Tangerang Selatan, Banten (antarasulteng.com) - Festival Film Indonesia (FFI) 2015 memasuki malam puncak penganugerahan Piala Citra yang digelar di Gedung ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Senin malam ini.

Ketua Bidang Media dan Publikasi FFI 2015 Lukman Sardi berharap kerja keras panitia FFI bisa menjadi tolok ukur kemajuan dunia perfilman Indonesia seperti tergambar pada FFI kali ini dan makin mengembangkan sineas-sineas.

"Kami berharap ke depan setiap penyelenggaraan FFI akan selalu ditunggu-tunggu tidak hanya oleh insan perfilman namun juga masyarakat. Ini adalah saat bagi kami para insan film untuk rehat sejenak dan mengapresiasi karya," kata Lukman.

Berbagai acara yang diadakan panitia sebelum malam puncak, diyakini telah mendapat tanggapan positif masyarakat.

"Animo masyarakat cukup baik, sebagai contoh saat program nonton film Teguh Karya, banyak anak muda yang ingin tahu tentang Teguh Karya," kata dia.

Panitia FFI telah menggelar serangkaian acara seperti program workshop dan media gathering.

Lukman berharap pembentukan panitia FFI di tahun selanjutnya terwujud lebih cepat karena dinilai sangat mempengaruhi kemaksimalan kerja.

"Dalam tiga bulan itu kami pikir mepet, jadi setelah ini harus langsung dikerjakan," kata dia.

Malam puncak penganugerahan Piala Citra digelar di Gedung ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, dengan alasan untuk mengenang sang legenda Teguh Karya yang lahir di Pandeglang, Banten. 

Menteri Pendidikan Anies Baswedan, Menkominfo Rudiantara dan Menpar Arief Yahya akan menghadiri malam puncak FFI 2015.

Sejak diluncurkan secara resmi di Pendopo Gubernur Banten, Serang 30 Oktober 2015, panitia FFI 2015 telah menyelenggarakan serangkaian acara.

Mulai dari pengumuman nominasi dan peluncuran FFI Lifetime membership, hingga pemutaran film.

Pada 16-20 November, panitia FFI 2015 mengadakan pemutaran lima film yang masuk nominasi untuk kategori film terbaik di XXI Plaza Indonesia. 

Dari ratusan film yang mendaftar, lima film unggulan masuk nominasi untuk meraih Piala Citra pada kategori film terbaik.

Kelimanya adalah "A Copy of Mind" (2015) arahan Joko Anwar, "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" (2015) yang disutradarai Garin Nugroho, "Mencari Hilal" (2015) karya Ismail Basbeth, "Siti" (2015) karya sutradara Eddie Cahyono dan "Toba Dreams" (2015) karya sutradara Beni Setiawan.