Rabu, 18 Oktober 2017

Eko Wisata Danau Tambing Paling Disukai Wisman

id danau, tambing
Eko Wisata Danau Tambing Paling Disukai Wisman
Danau Tambing (palugate.com)
Palu,  (antarasulteng.com) - Eko wisata Danau Tambing di Kabupaten Poso merupakan obyek wisata paling disukai para wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Sulawesi Tengah, karena memiliki keunikan dan keelokan tersendiri dibandingkan lainnya.

"Rata-rata wisman yang berkunjung ke obyek wisata Danau Tambing menginap beberapa hari untuk menikmati berbagai keindahan alam berupa flora dan fauna," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudaryatna di Palu, Rabu.

Selain hutannya yang masih lebat dan asli, juga paling menarik adalah pengamatan burung sehingga wisman betah tinggal beberapa hari di lokasi wisata ini.

Para wisman sangat senang mengamati dan melihat berbagai jenis burung yang ada di sekitar Danau Tambing. Juga ada beberapa spesies tumbuhan dan tanaman khas Danau Tambing seperti pohon besar jenis leda dan tumbuhan kecil menarik dan unik yaitu kantong semar serta tanaman anggrek.

Baik tanaman anggrek maupun tumbuhan kantong semar yang ada di lokasi ini terdiri atas berbagai jenis. Contoh tumbuhan kantong semar ada lima dari 11 spesies di Indonesia dan satu di antaranya hanya tumbuh dan ada di sekitar kawasan Danau Tambing.

"Ini yang menjadi daya tarik bagi para wisman," kata dia.

Pada 2015 ini, kata Sudaryatna, pihak TNLL menargetkan kunjungan wisman dan domestik sebanyak 5.000 orang.

Hingga kini sudah lebih 3.000 wisman dan wisatawan domestik yang mengunjungi obyek wisata Danau Tambing yang terketak pada ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut itu.

Dari Palu ke lokasi obyek wisata hanya berjarak 90 km dapat ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil dengan waktu sekitar dua jam.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga