Dishut: Pemprov Sulteng Tanam 14,3 Juta Pohon

id tanam, pohon

Dishut: Pemprov  Sulteng Tanam 14,3 Juta Pohon

Ilustrasi (antaranews)

Pohon yang ditanam itu tersebar di seluruh kabupaten dan kota di wilayah Sulteng
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tengah H Nahardi mengungkapkan hingga November 2015 telah berhasil menanam pohon sebanyak 14,3 juta batang.

"Pohon yang ditanam itu tersebar di seluruh kabupaten dan kota di wilayah Sulteng," kata Nahardi di sela-sela peringatan Hari Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa yang dipusatkan di Bandara Muriara Sis SAl Jufri Palu pada, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut didukung dana dari APBD Provinsi Sulteng, APBD kota dan kabupaten serta alokasi dana khusus (DAK) dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Penanaman pohon di Sulteng dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah pusat melalui Gerakan Menanam Pohon sebanyak satu miliar di Tanah Air.

Dalam pelaksanaan menanam pohon di provinsi ini, kata Nahardi tidak hanya dilakukan dinas terkait, tetapi semua komponen masyarakat, termasuk diantaranya kalangan pelajar,mahasiswa, BUMN,perusahaan swasta dan berbagai organisasi masyarakat dan keagamaan di seluruh Provinsi Sulteng.

Program ini bisa terealisasi karena adanya dukung penuh dari semua pihak, termasuk pula TNI/Polri yang juga terlibat dalam kegiatan penanam pohon di 13 kabupaten dan kota di Sulteng.

Karena itu, Dishut Sulteng patut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menanam pohon di setiap kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.

Kepedulian masyarakat terhadap program menanam satu miliar pohon di Sulteng sangat tinggi.

Program dimaksud antara lain sebagai supaya pemerintah untuk menghijaukan kembali hutan di Indonesia yang mengalami kerusakan yang disebabkan karena ulah manusia.

Melalui kegiatan tersebut juga mendorong masyarakat Sulteng untuk membangun kembali ekosistem hutan, menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dan meningkatkan kualitas lingkungan lebih baik demi kehidupan sekarang dan akan datang.

Juga pemerintah berharap melalui kegiatan ini sekaligus mengantisipasi bencana alam tanah longsor dan banjir di musim hujan serta penyerapan karbon dioksida.

Acara peringatan Hari Menanam Pohon Nasional dan Hari Cinta Puspa tingkat Provinsi Sulteng yang berlangsung di areal taman Bandara Mutiara Palu dihadiri langsung Dirjen Konservasi Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Tachrir Fathoni, Gubernur Sulteng di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulteng, Arief Lacuba, Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Sudaryatna, Kepala Bandara Mutiara Palu, Benyamin Noach Apituley, serta karyawan/karyawati Dishut Sulteng.