Pj Wali Kota: Penyelenggara Pemilu Harus Netral

id lamakarate

Pj Wali Kota: Penyelenggara Pemilu Harus Netral

Moh. Hidayat Lamakarate (ist)

Pemerintah berharap penyelenggara tidak berpihak kepada salah satu kandidat
Palu,  (antarasulteng.com) - Penjabat Wali Kota Palu Moh. Hidayat Lamakarate meminta seluruh penyelenggara pilkadadi kota ini untuk bersikap netral dalam menyelesaikan penyelenggaraan pesta demokrasi yang sedang berjalan.

"Pemerintah berharap penyelenggara tidak berpihak kepada salah satu kandidat," ujar Hidayat di Palu, Sabtu.

Ia menyebutkan sikap netral yang diperlihatkan oleh penyelenggara pilkada, baik KPU atau Panwas akan memberikan kesan baik bagi penyelenggara itu sendiri.

Bahkan secara tidak langsung penyelenggara pilkada Kota Palu telah memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Karena itu penyelenggara harus memperlihatkan netralitasnya dalam setiap proses rekapitulasi suara mulai dari TPS, kelurahan, kecamatan hingga di KPU Kota Palu.

"Netralitas yang diperlihatkan oleh penyelenggara akan memberikan citra yang baik kepada penyelenggara itu sendiri," katanya.

Ia mengatakan setiap pendukung pasangan calon wali kota dan wakil wWali kota saat ini bertahan dengan data yang dipegang oleh masing tim sukses. Dengan demikian, klaim terhadap kebenaran suatu angka atau data sangat rawan terjadi saat penghitungan berlangsung.

Kondisi tersebut, kata Hidayat, sangat rawan menimbulkan konflik jika penyelenggara tidak bersikap netral dalam penentuan suatu angka atau data.

"Olehnya penyelenggara pilkada harus turut serta menciptakan suasana yang kondusif agar suasana tenteram saat ini tetap terjaga hingga ditetapkannya wali kota dan wakil wali kota definitif," ujarnya.