Komodo Masih Menjadi Magnet Kunjungan Turis Asing

id kupang, wisata, komodo

Komodo Masih Menjadi Magnet Kunjungan Turis Asing

Komodo (Varanus komodoensis). (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)

Kupang - Wisatawan mancanegara yang datang ke kawasan wisata komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Juni 2012 mencapai 16.768 orang.
        
"Data ini menunjukan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan asing ke lokasi itu dari sebelumnya yang berjumlah sekitar 12 ribu orang wisatawan," kata Kepala Seksi Sarana Promosi Dinas Pariwisata NTT Bonavantura Rumat di Kupang, Selasa.
        
Dia mengatakan, meningkatnya wisatawan mancanegara yang mengunjungi lokasi wisata Komodo beberapa bulan terakhir ini sebagai akibat dari promosi yang gencar serta penetapan komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia terbaru.
        
Meningkatnya jumlah kunjungan wisata di Labuan Bajo tersebut, kata Bonavantura telah berdampak meningkatnya peredaran uang di wilayah tersebut, yang jika ditaksasi mencapai Rp838 miliar lebih.
        
Angka itu, dihitung dari asumsi setiap wisman yang datang di daerah itu selama sehari mengeluarkan biaya minimal Rp1 juta untuk pemenuhan sejumlah kebutuhannya, baik akomodasi, transportasi serta makan dan minum.
        
"Jika kita asumsikan rata-rata pengunjung yang datang ke Labuan Bajo mengeluarkan uang sebesar Rp1 juta per hari dengan lima hari di sana dikali dengan 16.768 orang wisatawan maka diperoleh Rp838 miliar," papar Bonavantura.
        
Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, masyarakat di daerah itu dipastikan dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi dan daya beli masyarakat untuk meningkatkan ekonomi rumah tangganya.
        
Terhadap kesiapan infrastruktur dan sejumlah daya dukung kepariwisataan di Labuan Bajo untuk mendukung kunjungan ke taman wisata komodo, dia mengaku masih mengalami sejumlah kekurangan, kendatipun untuk ketersediaan hotel bintang sudah cukup memadai. (KR-YHS)