Star Wars Incar Dominasi Global

id star, wars

Star Wars Incar Dominasi Global

Pencipta Star Wars George Lucas (kiri) dan sutradara JJ Abrahms berfoto bersama di premiere "Star Wars: The Force Awakens" di Hollywood, California, Senin (14/12). (REUTERS/Kevork Djansezian )

Los Angeles (antarasulteng.com) - Setelah menaklukkan Amerika Utara dan mengguncang Eropa, "Star Wars: The Force Awakens" pada Sabtu (9/1) tayang perdana di Tiongkok, menyasar rekor baru dengan perkiraan pendapatan 33 juta dolar AS dari penjualan tiket menurut proyeksi awal Disney.

Studio mengingatkan bahwa tidak akan ada estimasi pendapatan akhir pekan penuh sampai Minggu dan hanya "ingin menyampaikan indikasi awal pemutaran perdana di Tiongkok" , tapi menggarisbawahi pertumbuhan pengaruh di pasar Tiongkok, pasar film terbesar kedua di dunia.

"Kami hanya bisa memperkirakan pendapatan kotor karena belum ada laporan resmi," kata Disney seperti dilansir kantor berita AFP.

"Namun indikasi saat ini mengarah ke pendapatan penayangan perdana sekitar 33 juta dolar AS" menurut perusahaan itu.

Menurut Disney," itu akan menjadi pendapatan penayangan perdana tertinggi Disney di Tiongkok dan penghasilan hari pembukaan Sabtu terbesar dalam sejarah industri."

Film ketujuh "Star Wars", yang disutradarai J.J. Abrams, sudah meruntuhkan rekor sejak tayang di layar besar.

Disney menyatakan film itu telah melampaui rekor film "Avatar" garapan James Cameron yang memegang rekor 760,5 juta dolar AS untuk menjadi film terlaris sepanjang masa di Amerika Utara pada Rabu (6/1).

Namun Disney ingin menjadi film global terbesar, yang sekarang mahkotanya dipegang oleh "Avatar" dengan hasil penjualan tiket 2,79 miliar dolar AS.

Para pakar film menyatakan penjualan global film saga luar angkasa itu akan tergantung pada hasil besar di pasar Tiongkok.

Disney, yang membeli waralaba "Star Wars" dari Lucasfilm milik George Lucas sebesar empat miliar dolar AS pada 2012, berencana membuat dua film lagi.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu