Vale Berikan Hibah Rp11,7 Miliar Ke Sulteng

id vale

Vale Berikan Hibah Rp11,7 Miliar Ke Sulteng

Wartawan LKBN Antara Rolex Malaha (kiri) bersama Johan Lawang, Mine Environment engineer PT. Vale Indonesia, Tbk, menanam pohon di atas lahan bekas tambang di Sorowako, Sulteng, Selasa (5/2). (ANTARANews/Ocan)

Kami sangat berbahagia dengan terealisasinya pemberian hibah ini. Karena seperti halnya Pemda Sulteng, kami juga memiliki prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipatif
Palu,  (antarasulteng.com) - Perusahan pertambangan nikel terbesar di Indonesia, PT. Vale Indonesia, Tbk, memberikan hibah senilai Rp11,7 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng Ridwan Mumu mengemukakan di Palu, Jumat, pemberian hibah tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kemasyarakatan PT. Vale Indonesia yang memiliki area konsesi penambangan di Kabupaten Morowali.

Dana hibah perusahaan yang memiliki kilang pengolahan nikel mate di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan itu, diserahkan CEO PT. Vale, Nico D. Kanter kepada Wagub Sulteng H. Sudarto di Palu, Kamis (14/1).

Nico Kanter mengatakan bahwa penyerahan dana tanggung jawab sosial kemasyarakatan tersebut telah menjadi komitmen perusahaan dan telah dicanangkan penyerahannya sejak 2015.

Ia menjelaskan, meskipun penghasilan perusahaan sedang mengalami penurunan karena turunnya harga nikel dunia, PT. Vale tetap berkomitmen untuk memberikan dana bantuan tersebut.

"Kami sangat berbahagia dengan terealisasinya pemberian hibah ini. Karena seperti halnya Pemda Sulteng, kami juga memiliki prinsip transparansi, akuntabilitas dan partisipatif," ujarnya.

Ia berharap dana hibah tersebut bermanfaat dalam meningkatkan kesehateraan masyarakat.

Wagub Sulteng Sudarto menegaskan bahwa dana yang diberikan Vale Indonesia tersebut bukan untuk pemerintah provinsi, melainkan untuk masyarakat Sulteng.

Karena itu ia meminta kepada para Kepala SKPD yang akan mengelola dana bantuan ini agar memanfaatkannya dengan tepat untuk kesejahteraan rakyat.

Wagub berharap harga nikel dunia akan segera naik lagi sehingga kontribusi perusahaan kepada rakyat Sulteng akan terus meningkat.

Dengan mengucapkan terima kasih kepada PT. Vale Indonesia, Wagub Sudarto berharap kerja sama tersebut berlanjut.

Pemprov dan masyarakat Sulteng akan selalu mendukung aktivitas PT Vale dalam mengelola potensi tambang nikel di daerah ini bagi kesejahteraan bersama, ujar Sudarto.