Poso Aman Dari Rawan Pangan

id Poso, Pangan

Poso Aman Dari Rawan Pangan

sawah (antara)

"Kami juga terus menggenjot penanaman ubi jalar yang saat ini tersedia banyak di Kabupaten Poso," katanya.
Poso (antarasulteng.com) – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Isnain T Karim memastikan, Kabupaten Poso dipastikan aman dari kerawanan pangan pada 2016.

”Sampai saat ini Kabupaten Poso masih tergolong aman rawan pangan. Kami secara rutin melakukan analisis data di semua desa, sehingga untuk kerawanan pangan itu telah diantisipasi sebelumnya,” kata Isnain di Poso, Senin.

Sentra produksi beras terbesar di Kabupaten Poso terdapat di Kecamatan Pamona Selatan, Pamona Utara dan Poso Pesisir. Setiap panen menghasilkan lima sampai delapan ton per hektare. Selain beras, pangan di daerah itu juga ditopang dari jagung dan ubi jalar.

"Kami juga terus menggenjot penanaman ubi jalar yang saat ini tersedia banyak di Kabupaten Poso," katanya.

Meskipun sering terjadi gangguan keamanan di Poso, namun daerah tersebut kata Isnain tidak pernah terjadi rawan pangan, namun pemerintah daerah selalu memberikan tahapan peringatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi akibat musim kemarau, serang hama atau rusaknya infrastruktur irigasi.

“Tiap tahun kita sifatnya 'warning' awal, dalam bidang beras yang bisa terjadi kendala, sehingga kami terus sifatnya 'warning' untuk mengantisipasi kerawanan pangan,” katanya.

Dalam penilitian analisis data Dinas Ketahanan Pangan menerjunkan 159 penyuluh. Namun jumlah penyuluh tersebut tidak memenuhi perwakilan semua desa yang berjumlah 170 termasuk Kelurahan, sehingga masih kurang 11 penyuluh.

"Memang jika melihat jumlah penyuluh kami, tidak dapat mendampingi semua desa dan kelurahan, namun kami berupaya untuk memaksimalkan kinerja penyuluh agar dapat mendampingi semua desa,” katanya.(fery/R007)