Selasa, 27 Juni 2017

Nelayan Sulteng Dapat Bantuan 124 Kapal Baru

id nelayan, kapal
Nelayan Sulteng Dapat Bantuan 124 Kapal Baru
Ilustrasi--Dirjen Perikanan Tangkap Heryanto Marwoto (kiri), Wagub Sulteng H. Soedarto (kedua kiri) dan Kadis KP Sulteng Hasanuddin Atjo (ketiga kiri) menyaksikan kapal Inka Mina untuk nelayan Sulteng di PPI Donggala, Kamis (13/12) (ANTARANew/Rolex Malaha)
Semua masih dalam proses awal, baik terkait pembangunan kapalnya maupun penyiapan nelayan yang akan menerima bantuan tersebut
Palu,  (antarasulteng.com) - Nelayan Sulawesi Tengah pada 2016 kembali akan diguyur bantuan kapal penangkap ikan berbagai ukuran sebanyak 124 unit yang diperkirakan diserahkan pada akhir tahun.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah Hasanuddin Atjo mengemukakan di Palu, Minggu, program pengadaan kapal penangkap ikan untuk nelayan Sulteng itu merupakan bagian dari rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan membantu 3.500 unit kapal yang akan dibagikan ke seluruh daerah di Indonesia pada 2016.

"Semua masih dalam proses awal, baik terkait pembangunan kapalnya maupun penyiapan nelayan yang akan menerima bantuan tersebut," katanya.

Penyaluran bantuan kapal penangkap ikan dan perlengkapannya itu akan mendukung penerapan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) di Sulteng yang akan memilih Pelabuhan Perikanan Donggala dan Ogotua sebagai percontohan mulai 2016 ini.

Sementara itu Kepala Bidang Penangkapan Dinas KP Sulteng Yohanis Riga mengemukakan bahwa pembangunan seluruh kapal tersebut ditangani langsung oleh Kementerian KP Pusat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pembangunan fisik kapal diserahkan kepada Dinas KP provinsi.

"Kita hanya diminta untuk menyiapkan nelayan yang akan menerima bantuan itu. Calon penerima harus memiliki badan hukum, baik usaha pribadi, koperasi atau perseroan," ujarnya.

Proses seleksi calon penerima bantuan kapal ini sudah mulai berjalan di tingkat kabupaten/kota, dan hasil seleksi mereka nantinya akan diajukan ke Dinas KP Sulteng yang selanjutnya memberikan rekomendasi ke KKP pusat untuk menentukan penerimanya.

Kapal-kapal penangkap ikan yang akan disalurkan pada 2016 ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 3 GT, 5 GT, 10 GT, 20 GT dan sebuah kapal berukuran 30 GT.

Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) seperti dikutip website Kementerian KP optimistis dapat menyelesaikan pembangunan 3.540 kapal hingga 2016 untuk nelayan di seluruh Indonesia, sekitar 2.000 di antaranya berukuran di bawah 20 GT.

Pembangunan kapal perikanan dan pengadaan alat tangkap tahun anggaran 2016 ini diperkirakan menghabiskan anggaran Rp2,72 triliun.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga