Mal Tatura Palu Rencana Lakukan Perluasan Bisnis

id mal

Mal Tatura Palu Rencana Lakukan Perluasan Bisnis

Mall Tatura (indoplaces.com)

Ke depan kita tidak boleh hanya berpatokan pada bisnis mal saja. Kita perlu masuk ke bisnis lain karena situasi ekonomi kadang-kadang tidak menentu
Palu,  (antarasulteng.com) - PT. Citra Nuansa Elok, perusahaan pengelola Mal Tatura Palu, berencana akan melakukan ekspansi bisnis sehingga perusahaan tidak mengandalkan pendapatan dari pengelolaan pusat perbelanjaan saja tetapi juga dari berbagai sektor yang menguntungkan dan berdampak pada masyarakat.

"Ke depan kita tidak boleh hanya berpatokan pada bisnis mal saja. Kita perlu masuk ke bisnis lain karena situasi ekonomi kadang-kadang tidak menentu," kata Direktur Utama PT. Citra Nuansa Elok, Karman Karim di Palu, Minggu.

PT. Citra Nuansa Elok adalah salah satu perusahaan daerah Kota Palu yang sejak 2007 berkonsentrasi bisnis membangun Mal Tatura Palu sebagai pusat perbelanjaan terbesar pertama di Kota Palu.

Perusahaan ini telah memiliki aset senilai lebih dari Rp130 miliar dan tidak lagi memiliki pinjaman di bank.

Menurut Karman, perusahaan berencana akan membuat `masterplan` bisnis untuk jangka 25 tahun mendatang dengan mempercayakan kepada konsultan independen.

"Tetapi harus mendapat persetujuan dulu dari wali kota Palu selaku pemegang saham terbesar," katanya.

Ke depan, kata Karman, perusahaan daerah ini bisa saja menjadi perusahaan terbuka (Tbk) sehingga sudah bisa melakukan penawaran umum saham di pasar modal.

"Tapi tergantung pemerintah daerah. Bisa saja sewaktu-waktu, kita menjadi perusahaan terbuka," katanya.

Oleh sebab itu, kata Karman, masterplan bisnis perusahaan tersebut sudah harus ditetapkan sejak sekarang.

Tahun ini, kata Karman, manajemen akan membangun lokasi parkir tiga lantai di lokasi mal tersebut, namun masih menunggu persetujuan pemegang saham. Saat ini pemerintah Kota Palu menguasai 98,6 persen saham.

Karman mengatakan setiap tahun manajemen perusahaan diaudit oleh auditor independen dan selalu dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tengah.

"Kapan pun kami selalu siap diperiksa," katanya.

Pada 2016, Mal Tatura Palu, menargetkan akan berkontribusi pada pendapatan asli daerah sebesar Rp1 miliar.