Polda Sulteng Bangun Pos Penjagaan TNLL

id polisi

Polda Sulteng Bangun Pos Penjagaan TNLL

Ilsutrasi (antaranews)

...pascapenertiban kami kemungkinan akan membangun pos penjagaan
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Kepala Biro Operasional Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Henry Nahak mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) membangun pos penjagaan di wilayah Dongi-Dongi.

"Ya pascapenertiban kami kemungkinan akan membangun pos penjagaan," katanya di lokasi penambangan tanpa izin di Dongi-Dongi, Selasa.

Pembangunan pos keamanan itu dalam rangka pengamankan eks loksi pertambangan emas tanpa izin (peti) di Kabupaten Poso itu.

Ka Biro Opersional Polda Sulteng, Henry yang didampingi Kapolres Poso AKBP Ronny Suseno di sela-sela penertiban peti tersebut mengatakan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Balai Besar TNLL yang membawahi kawasan lindung tersebut.

"Dalam waktu dekat ini pos penjagaan dimaksud harus segera dibangun guna mengantisipasi agar masyarakat tidak lagi kembali masuk ke lokasi peti," kata Henry.

Karena itu, dalam hal membangun pos penjagaan perlu koordinasi terelebih dahulu dengan pihak TNLL. "Kami akan bicarakan dalam waktu dekat ini," katanya.

Pascapenertiban peti di wilayah Dongi-Dongi, petugas Polri, TNI dan juga Polhut Dinas Kehutanan dan Balai Besar TNLL akan tetap disiagakan di lokasi.

Pasukan Polri/TNI tetap akan siaga terutama di pintu masuk lokasi penambangan.

Tindakan hukum akan dilakukan jika ada masyarakat yang mengabaikan pelarangan menambang yang telah ditetapkan sejumlah instansi terkait itu.

"Kalau sampai kami temukan ada masyarakat yang masuk dan melalukan kegiatan menambang langsung ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Sementara Kepala Seksi Wilayah Dongi-Dongi TNLL Fery di lokasi yang diminta tanggapan soal penertiban peti di wilayah itu enggan memberikan keterangan.

Penertiban peti di wilayah Dongi-Dongi yang merupakan kawasan taman nasional paru-paru dunia itu dipimpin Kepala Biro Operasional Polda Sulteng Kombes Henry Nahak dan Kapolres Poso Ronny Suseno serta melibatkan TNI, Polhut dan Satpol PP Kabupaten Sigi. Penertiban berjalan lancar dan aman.

Penertiban dilakukan dengan membongkar habis lapak pedagang yang ada di sisi kiri dan kanan jalan poros Palu-Napu di wilayah Dongi-Dongi.

Selanjutnya penertiban dilakukan di lokasi peti dengan membongkar dan membakar habis tenda dan pondok para penambang maupun pedagang yang berjualan di lokasi.

Jarak dari permukiman warga ke lokasi tambang sekitar 1,5km menyusuri kebun kakao milik masyarakat setempat.