UNBK Hari Pertama Di Palu Lancar

id smk

UNBK Hari Pertama Di Palu Lancar

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Palu, Triyono (foto Antara/Anas Masa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer hari pertama di Palu, Sulawesi Tengah, berjalan lancar.

Pantauan Antara di sejumlah sekolah penyelenggara UNBK di Palu, Senin, rata-rata tidak ada hambatan, meski PLN setempat sudah lebih sebulan terakhir ini memberlakukan pemadaman bergilir.

Namun hari pertama UN dan UNBK berlangsung, listrik PLN tidak padam sehingga pelaksanaan ujian berlangsung sesuai jadwal dan waktu ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Seperti di SMK Negeri 3 (dahulu namanya STM) Palu, salah satu sekolah yang melaksanakan UNBK.

Sesi pertama dan kedua UNBK untuk bidang studi Bahasa Indonesia, kata Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Palu, Triyono berlangsung aman dan lancar.

Ia mengaku pada sesi pertama, sekolahnya menggunakan mesin genset sewaan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti tib-tiba listrik padam.

"Kami tidak mau ambil risiko pada hari pertama ujian," katanya.

Namun, kata dia, memasuki sesi kedua dan ketiga, sudah menggunakan listrik dari PLN, sebab sudah ada jaminan dari perusahaan itu.

Kebetulan di sekolah itu gardu listrik PLN tersendiri untuk melayani kebutuhan daya di sekolah tersebut. Petugas dari PLN tetap siaga selama UNBK berlangsung.

Mesin genset yng disewa oleh pihak SMK Negeri 3 Palu, kata Triyono, 50 persen biaya sewa ditanggung oleh PLN dan sekolah.

Dia juga mengatakan sebenarnya, SMK Negeri 3 Palu sudah siap melaksanakan UNBK pada 2015. "Waktu itu kami sudah siap baik dari segi kesiapan siswa maupun perangkat lunak," katanya.

Jumlah siswa yang semula yang terdaftar ada 445 orang, tetapi dua siswa diantaranya meninggal dunia. Jadi yang ikut ujian hari ini hanya 443 orang.

Jumlah siswa SMK Negeri 3 secara keseluruhan sebanyak 1.643 orang.

UNBK tahun 2017 jumlah siswa diperkirakan meningkat sekitar 500 orang.

Begitu pula di SMA Al-Azhar, SMA Negeri Madani, SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 juga termasuk sekolah penyelenggaraan UNBK di Kota Palu, hari pertama ujian berjalan lancar.

Para siswa dengan tenang mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia yang diujikan pada hari pertama UNBK.