19 Santri Di Sulteng Ikut PBSP 2016

id santri

19 Santri Di Sulteng Ikut PBSP 2016

Santri mengaji kitab kuning Safiinatun Najaah yang berisi dasar-dasar ilmu fiqih mengisi liburan jelang ramadhan di Pondok Pesantren Attahdzib, Rejoagung, Ngoro, Jombang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 19 santri asal Provinsi Sulawesi Tengah tercatat dalam daftar sebagai calon penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016, yang dibuka sejak tanggal 29 Maret lalu. 

Kepala Seksi Pondok pesantren pada Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulteng, Abd. Haris di Palu, Senin membenarkan hal tersebut, dia mengakui informasi itu diterimanya dari kemenag pusat.

Kita baru terima info dari pusat, untuk Sulteng sudah 19 orang yang mendaftar di program PBSB,"ungkapnya.

Kata Haris, berdasarkan jadwal pelaksanaan seleksi calon penerima PBSB itu dilaksanakan tanggal 3 sampai 15 Mei 2016. 

Ujian tesnya dilakukan dimasing-masing Kanwil, kalau dilihat dari jumlah pendaftar kita bisa melaksanakan tes disini karena 19 orang itu cukup," ujarnya.

Materi yang akan diujikan dalam seleksi PBSB tetap sama, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Test Bakat Skolastik (TBS) Bahasa Inggris dan Kepesantrenan.

Lanjut dia, penentuan kelulusan juga sudah dijadwalkan, yaitu tanggal 21 sampai 23 Mei dan pengumuman kelulusan tanggal 27 Mei 2016.

Haris mejelaskan, Program PBSB sudah 10 tahun dilakukan oleh Kemenag pusat. Berdasarkan informasi dari Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Mohsen Alaydrus pernah menegaskan bahwa program PBSB akan terus dilaksanakan karena selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat.

Haris berharap, tahun ini calon penerima PBSB dari Sulteng bisa lulus demi peningkatan sumberdaya di Ponpes kedepan.

Tahun lalu kita hanya lulus satu orang, semoga tahun ini akan bertambah lagi,"tutup Haris.