Satu Sekolah di Parimo Masuk Nominasi Lomba UKS Nasional

id Parimo, LKS, LSS

Satu Sekolah di Parimo Masuk Nominasi Lomba UKS Nasional

Rombongan tim penilai lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tiba di SD Inpres Taopa. Mereka dijemput para murid dan guru di sekolah itu. (humas)

Agus Suryono Hadi berharap Kabupaten Parigi Moutong bisa mendapat prestasi terbaik serta mewakili Provinsi Sulawesi Tengah dalam lomba penilaian LSS atau UKS tingkat nasional.
Parigi (antarasulteng.com) - SD Inpres Taopa, Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong masuk dalam nominasi penilaian lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Parigi Moutong Agus Suryono Hadi bersama tim Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta tim pembina Provinsi Sulawesi Tengah berkunjung ke Kecamatan Taopa menilai sekolah tersebut.

Dalam kunjungan itu Agus Suryono Hadi didampingi tim pembina UKS Parigi Moutong, Sekertaris Dinas Pendidikan bersama Sekdis Kesehatan Parigi Moutong dan UKS Kecamatan. Juga turut serta rombongan tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin Marsudi M.Si dan dari Kemenkes dr. Yetty. Mereka berkunjung ke SD Inpres Taopa, Kecamatan Taopa yang merupakan salah satu sekolah pilihan dalam penilaian LSS dan UKS.

Agus mengatakan penilaian dilakukan tim pemerintah pusat tersebut dilaksanakan selama 19-20 April 2016 yang terlaksana di dua titik, yaitu di sekretariat UKS Kabupaten Parigi moutong di Kantor Bupati dan di Sekolah Dasar Inpres Taopa.

Agus Suryono selaku Ketua Harian pembina UKS Parigi Moutong mengatakan penilaian UKS dan LSS tersebut adalah lomba tingkat nasional. Dia mengatakan sebelumnya telah dilakukan pembinaan serta evaluasi secara rutin per triwulan atau semester untuk turun ke sekolah-sekolah dalam pembinaan UKS. SD Inpres adalah salah satu sekolah pendidikan percontohan diantara sekolah lainnya dalam menyambut penilaian yang telah dilakukan oleh tim pemerintah pusat.

Agus berharap Kabupaten Parigi Moutong bisa mendapat prestasi terbaik serta mewakili Provinsi Sulawesi Tengah dalam lomba penilaian LSS atau UKS tingkat nasional.

Agus mengatakan beberapa kriteria yang menjadi penilaian LSS diantaranya aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS. 
Penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan.***/R007