Ilongkabila Percontohan "Gerakan Sayang Ibu" Di Gorontalo

id ibu

Ilongkabila Percontohan "Gerakan Sayang Ibu" Di Gorontalo

Ilustrasi--Seorang wanita membubuhkan tanda tangannya sebagai bentuk dukungan terhadap program "Mom get Mom, Satu Ibu Ajak Lima Ibu Sehatkan Indonesia", saat berlangsung aksi memperingati Hari Ibu di Semarang, Jateng, Selasa (22/12). (ANTARA/R. REKOTOMO)

Tilongkabila dinobatkan sebagai percontohan karena berhasil meraih juara satu Gerakan Sayang Ibu tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2015, dengan inovasinya gerakan infaq 1.000 Muliakan Hati Atas Ridho Allah Bersama Lindungi Ibu dan Anak (Mutiara Berlia
Gorontalo,  (antarasulteng.com) - Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango dijadikan lokasi percontohan program "Gerakan Sayang Ibu" (GSI) di Provinsi Gorontalo.

"Tilongkabila dinobatkan sebagai percontohan karena berhasil meraih juara satu Gerakan Sayang Ibu tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2015, dengan inovasinya gerakan infaq 1.000 Muliakan Hati Atas Ridho Allah Bersama Lindungi Ibu dan Anak (Mutiara Berlian)," kata Camat Tilongkabila Ocan Dali, Sabtu.

Inovasi gerakan infaq 1.000 Mutiara Berlian yang dilakukan Kecamatan Tilongkabila itu diakui pemerintah pusat, karena mampu menggerakkan semua elemen masyarakat untuk melindungi ibu dan anak.

Pemerintah kecamatan dan masyarakat setempat memberikan apresiasi dengan dipilihnya Tilongkabila sebagai lokasi percontohan, dan bisa ditiru oleh wilayah kecamatan lainnya se Gorontalo.

Bahkan Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) yang merupakan organisasi sosial masyarakat yang banyak bergerak di upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak menilai Tilongkabila sebagai wilayah yang memiliki inovasi-inovasi penting.

Ketua Umum APPI Giwo Rubianto Wiyogo sempat memberikan penghargaan kepada Camat Tilongkabila yang dianggap berinovasi untuk menenkan angka kematian ibu melahirkan melalui gerakan infak 1.000 Mutiara Berlian.

Dengan gerakan infaq 1.000 ini sudah membantu kurang lebih 10 orang ibu melahirkan dengan Resiko Tinggi (Resti) yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Sementara saldo infaq saat ini sekitar Rp25 juta yang disimpan di rekening Bank BRI atas nama pengelola infaq 1.000 Mutiara Berlian Kecamatan Tilongkabila.