Pemkot Palu Siap Gelar Pasar Murah Ramadhan

id pemkot

Pemkot Palu Siap Gelar Pasar Murah Ramadhan

suasana rapat koordinasi. Kedua dari kiri Kabid Perdagangan Dinas Perindagkop Palu, Amiruddin (Foto ANTARA/Anas Masa

"Kami sudah rencanakan dua kali pelaksanaan pasar murah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palu, Amuruddin, Senin.
Palu, (antarasulteng.com) - Pemkot Palu, Sulawesi Tengah dalam rangka menghadapi puasa dan Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah 2016 akan mengadakan pasar murah sembako guna meringankan beban masyarakat di daerah itu.

"Kami sudah rencanakan dua kali pelaksanaan pasar murah," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palu, Amuruddin, Senin.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilakukan semata-mata untuk membantu warga dalam memenuhi berbagai jenis bahan pokok yang sangat diperlukan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan yang dijual para pedagang di pasaran umum.

Dia menjelaskan ada tiga kebutuhan pokok yang akan disubsidi oleh pemerintah kota yaitu gula pasir, minyak goreng dan beras.

Tiga jenis kebutuhan dimaksud yang nantinya akan disubsidi oleh Pemkot Palu masing-masing Rp3.000/kg.

Artinya, jika harga beras di pasaran umum misalkan Rp10.000/kg, maka warga hanya akan menyediakan uang sebesar Rp7.000/kg.

Pemberian subsidi, kata Amiruddin hanya akan diberikan bagi warga yang kurang mampu. "Nanti kami akan bagikan kupon ke setiap kelurahan sesuai target dan selanjutnya pihak kelurahan yang akan memberikan kepada warga kurang mampu," kata dia.

Kupon tersebut selanjutnya akan ditukar di pasar murah untuk mendapatkan beberapa jenis kebutuhan yang telah disediakan Pemkot Palu.

Jadi, kata dia, pemberian subsidi sembako hanya berlaku bagi warga yang memang kurang mampu dan berhak untuk mendapatkan subsidi dimaksud.

Pelaksanaan pasar murah oleh Pemkot Palu yang dilakukan Dinas Perindagkop setempat dijadwalkan berlangsung sepekan menjelang ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

Dia juga menambahkan, di pasar murah bukan hanya sembako yang dijual, tetapi beberapa kebutuhan lainnya, tetapi harganya tidak disubsidi.

"Hanya tiga jenis kebutuhan pokok gula, beras dan minyak goreng yang akan disubsidi Pemkot Palu," ujar Amiruddin.(BK03)