Hari Lanjut Usia Dipusatkan Di Parigi

id Parimo

Hari Lanjut Usia Dipusatkan Di Parigi

Wabub Primo/Komda Lamsia setempat Badrun Nggai menerima bantuan sosial untuk para lansia Parigi Moutong dari Kemensos RI. (Antarasulteng.com/Humas Parimo)

Lansi juga berperan dalam meningkatkan kesadaran kolektif akan pentingnya arti kehidupan berbangsa dan bernegara.
Parigi (antarasuteng.com) - Kota Parigi kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) ke-50 Tahun 2016 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, dalam sebuah upacara yang dipimpin Wakil Gubernur Sulteng H. Soedarto di halaman Kantor Bupati Parimo di Parigi, Selasa (31/5)

Ribuan warga lanjut usia dari delapan kabupaten/kota di Sulteng mengikuti acara yang mengambil thema 'Bersama Lansia Dari Lansia Untuk Lansia' itu.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos Carolyne Clara Endang Setianingsih mengajak seluruh masyarakat di tanah air agar terus berupanya memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat dan aktif dalam pembangunan serta memperoleh perlindungan sosial.

"Sebagai pelaksana pembangunan kesejahteraan sosial saya merasakan peran lansia sangat penting dalam pembangunan kesejahteraan sosial dan para lansia adalah tokoh pemelihara nilai juga norma sosial yang mampu menjaga rambu-rambu sosial," ujarnya.

Sedangkan Wakil Gubernur yang juga Komda Lansia Sulawesi Tengah H. Soedarto mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk  terus menciptakan lingkungan yang ramah lansia guna mendorong terwujudnya kesehatan lansia dan juga penyediaan layanan kesehatan dan fasilitas publik yang ramah lansia.

Wagub menginstruksikan seluruh wakil bupati dan wakil wali kota se-Sulawesi Tengah agar komda lansia di daerahnya masing-masing diaktifkan karena masih banyak lansia yang perlu perhatian.

Sementara Wakil Bupati Parigi Moutong sekaligus Komda Lansia di daerah itu H. Badrun Nggai, SE mengatakan tujuan peringatan Halun 2016 adalah melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lansia sebagai pelopor jati diri bangsa dan pemersatu bangsa.

Lansi juga berperan dalam meningkatkan kesadaran kolektif akan pentingnya arti kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait Halun 2016, Pemkab Parimo menggelar pemeriksaan gangguan pendengaran dan ketulian pada lansia yang dirngkaikan dengan jalan santai lansia, pelayanan kesehatan geratis, sosialisasi lansia tangguh dan berbagai lomba berhadiah untuk para lansia. (Humas Parimo)